Duet Anies-Sandi Berpeluang Muncul di Pilpres 2024

Minggu, 05 Desember 2021 - 21:14 WIB
loading...
Duet Anies-Sandi Berpeluang Muncul di Pilpres 2024
Duet Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno kembali berpeluang terjadi dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pernah bersama-sama maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 silam, kini duet Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno kembali berpeluang terjadi dalam pemilihan presiden ( Pilpres) 2024 mendatang. Duet Anies-Sandi ini muncul dalam simulasi yang dilakukan oleh Lembaga Indikator Politik Indonesia. Hasilnya tak mengecewakan, elektabilitas pasangan ini sebesar 30,8 persen.

Elektabilitas Anies-Sandi bahkan mengungguli pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani yang tengah ramai diperbincangkan belakangan ini. Elektabilitas Prabowo-Puan hanya 28,1%. Pasangan Anies-Sandi kalah tipis dengan pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Tohir yang elektabilitasnya sebesar 31,1%.

Di simulasi lainnya, Anies Baswedan turut dipasangkan dengan Erick Thohir, kemudian Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto, serta Prabowo Subianto dan Puan Maharani. Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan keluar sebagai pemenang dengan dukungan 29,6%. Masih terpaut tipis dengan urutan kedua Ganjar-Airlangga dengan dukungan 28,8%, serta Anies-Erick 28,2%. Responden tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 13,5%.

Baca juga: Survei Capres 2024 Indikator Politik: Prabowo Masih Teratas, Ganjar Terus Mengejar

Kendati demikian, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyampaikan bahwa hasil dari simulasi tersebut belum terlihat ada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang dominan atau menonjol.

"Ini betul-betul statistically, neck to neck, kita enggak tau lagi siapa yang unggul karena perbedaannya sangat tipis tiga pasangan ini," katar Burhanuddin dalam paparannya secara daring, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Elektabilitas Tinggi, 4 Ketum Parpol Ini Berpeluang Jadi Capres 2024

(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1152 seconds (10.177#12.26)