Kawal PPKM Level 3 Masa Nataru, Polri Gelar Operasi Kontijensi

Rabu, 01 Desember 2021 - 20:39 WIB
loading...
Kawal PPKM Level 3 Masa Nataru, Polri Gelar Operasi Kontijensi
Direktur Sosbud Baintelkam Polri Brigjen Pol Arif Rahman mengatakan Polri menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi penularan Covid-19 pada masa Libur Nataru. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polri mewaspadai kemungkinan mobilitas masyarakat antar daerah/wilayah pada masa Libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) yang berpotensi melanggar protokol kesehatan dan meningkatkan penularan Covid-19.

Direktur Sosbud Baintelkam Polri Brigjen Pol Arif Rahman mengatakan Polri menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, termasuk di antaranya dengan melakukan Operasi Terpusat Kontijensi Aman Nusa II dan Operasi Lilin.

"Ini operasi untuk mengawal kebijakan PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru," ujar Arif, Rabu (1/12/2021).

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengakui banyak data dan informasi yang menunjukkan bahwa penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sangat baik, baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Secara umum terjadi penurunan tren kasus baru mingguan sebesar 23% dan jumlah kematian 16% dibanding minggu lalu," kata Dedi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Karo PID Humas Polri Brigjen Pol Moh Hendra Suhartiyobo pada webinar itu.

Capaian itu, lanjut Dedi, menjadikan Indonesia masuk ke dalam wilayah Hijau atau Green Zone oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (US CDC) di Atalanta.

Sementara Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid 19 Sonny Harry B Harmadi mengemukakan per 29 November 2021 kasus aktif Covid-19 di Indonesia sebesar 7.960 atau 0,18% dari total kasus,atau di bawah rata-rata global yang saat ini mencapai 7,72%.

"Ini tidak lepas dari pencapaian vaksinasi yang gencar dilakukan, termasuk peran Polri dan TNI," kata Sonny seraya menambahkan secara kumulatif vaksinasi dosis I, II, dan III telah mencapai hampir 70% dari target.

Pemerintah, lanjut Sonny, mewaspadai ancaman gelombang ketiga Covid-19, di antaranya dengan menertibkan pelaku perjalanan dengan protokol kesehatan yang ketat, memastikan masyarakat melakukan 3M dengan disiplin dan konsisten, dan kampanye protokol kesehatan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat.

Sementara Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi menyampaikan penurunan signifikan kasus Covid-19 tidak lepas dari peran seluruh unsur masyarakat, utamanya TNI-Polri dalam melakukan sinergi menggeber pelaksanaan vaksinasi.

Nadia bersyukur saat ini hanya ada 3 daerah yang berstatus PPKM Level 3 dan jumlah daerah yang masuk level 1 terus bertambah. Untuk itu, Nadia mengajak seluruh pihak mendukung langkah pemerintah yang menetapkan PPKM Level 3 selama Nataru tahun ini.

"Kita batasi mobilitas masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan mengamankan dari kemungkinan munculnya gelombang ketiga," tutur Nadia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)