Cerita Ganjar Lahirnya Aplikasi Lapor Gub: Banyak Laporan Pungli

Rabu, 01 Desember 2021 - 19:34 WIB
loading...
Cerita Ganjar Lahirnya Aplikasi Lapor Gub: Banyak Laporan Pungli
Ganjar Pranowo dalam seminar Peningkatan Pelaksanaan Reformasi Birokasi yang dihadiri Menkopolhukam Mahfud MD, Menpan RB Tjahjo Kumolo, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Jakarta, Rabu (1/12/2021). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menceritakan awal mula dia menginisiasi dibangunnya aplikasi Lapor Gub. Aplikasi ini menjawab keresahannya terhadap pungutan liar ( pungli ) yang kerap terjadi di lingkungan pemerintahannya.

"Pertama kali saya jadi gubernur, saya melihat ada laporan masyarakat kepada kami, yang kemudian membuat repot," kata Ganjar Pranowo seminar "Peningkatan Pelaksanaan Reformasi Birokasi" yang dihadiri Menkopolhukam, Mahfud MD, Menpan RB, Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (1/12/2021).

Ganjar mengatakan, rata-rata oknum di lingkup pemerintahannya bisa mendapatkan pungli Rp3 miliar setiap bulan. "Ini laporan masyarakat. Tidak banyak sih Rp10.000, Rp20.000 kemudian kita hitung bisa Rp3 miliar," jelasnya.

Atas dasar itu, dia berinisiasi menciptakan program pengaduan masyarakat berbasis website yakni Lapor Gub. Dengan begitu, masyarakat dapat melaporkan adanya pungli di lingkungan Pemprov Jawa Tengah.

Menurutnya, program kerjanya itu juga mendapat langkah apresiatif dari pemerintah pusat. "Maka akhirnya dari sekian tahun, kita bisa mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) tentang akuntabilitas kinerja," tuturnya.

Bahkan, Kemenpan RB memberikan nilai plus atas terobosannya memberantas pungli. "Tapi kita mau cari nilai AA ini, soalnya belum dapat ini kita pak, karena selama ini kita baru dapat A," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)