Puan Maharani Dinilai Punya Peluang Besar Dongkrak Elektabilitasnya

Selasa, 30 November 2021 - 22:18 WIB
loading...
Puan Maharani Dinilai Punya Peluang Besar Dongkrak Elektabilitasnya
Ketua DPR Puan Maharani. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani dinilai punya peluang besar untuk mendongkrak elektabilitasnya menuju Pilpres 2024 . Peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman menilai Puan Maharani harus tampil kepada publik.

“Di satu sisi hal ini tidak terlepaskan karena posisi dia sebagai pejabat publik. Saya kira sebenarnya banyak momentum yang bisa dimanfaatkan Puan,” kata Ikrama menanggapi elektabilitas Puan Maharani yang mulai merangkak naik, Selasa (30/11/2021).

Menurutnya, Puan Maharani yang saat ini menjabat Ketua DPR dan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), seharusnya bisa memanfaatkan jabatannya untuk menaikkan elektabilitasnya yang masih rendah. Dia juga meyakini Puan mampu menyaingi lawan-lawan politiknya apabila mengapitalisasi posisi Ketua DPR untuk mendapat perhatian masyarakat.



"Sangat mungkin untuk menaikkan elektabilitasnya, apalagi PDIP satu suara dan bisa menggerakkan mesin politiknya," katanya.

Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai Puan Maharani tidak perlu mengkhawatirkan elektabilitasnya yang masih rendah dibandingkan kader lain di internal partai. Elektabilitas Puan diyakini akan meroket jika sudah ditetapkan PDIP sebagai capres atau cawapres 2024.

"Soal elektabilitas, Mbak Puan tidak usah khawatir. Elektabilitas otomatis akan melesat dengan sendirinya begitu resmi ditetapkan sebagai capres-cawapres 2024,” kata Hendri Satrio.

Hendri mengatakan dalam sejumlah survei, elektabilitas Puan memang masih tertinggal dibanding tokoh lain seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)