Sebelum ke Papua, Panglima TNI Diharapkan Bertemu Komnas HAM

Senin, 29 November 2021 - 10:27 WIB
loading...
Sebelum ke Papua, Panglima TNI Diharapkan Bertemu Komnas HAM
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Rencana Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkunjung ke Papua pekan ini disambut baik Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM ). Namun, Jenderal Andika diharapkan menemui Komnas HAM terlebih dahulu sebelum berangkat ke Papua.

"Alangkah lebih baiknya dan maksimalnya kalau seandainya juga bisa ketemu sama Komnas HAM sebelum menyampaikan ke sana. Sehingga catatan Komnas HAM terkait berbagai pelanggaran HAM, terkait bagaimana menata kelolaan konflik atau ketegangan ini, sebelum ke Papua, sebelum menyampaikan konsepnya, minta masukan," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan dikutip pada Senin (29/11/2021).

Dengan demikian, Andika bisa saja melakukan hal-hal lebih baik yang belum pernah terbayangkan olehnya terkait hal tersebut. Terutama, adanya upaya penghilangan stigma dan kecurigaan terhadap masyarakat setempat.

Baca juga: Potret Romantis Panglima TNI Gandeng Istri saat Tinjau Bandara Ngurah Rai

"Siapa tahu ada sesuatu yang baik bisa juga digunakan untuk teman-teman militer yang disebut sebagai pendekatan baru. Minimal hindari stigma, hindari kecurigaan. Mungkin klise tetapi fakta kasusnya kan banyak," ujarnya.

Dia menilai rencana kegiatan Jenderal Andika ke Papua memiliki nilai positif. Menurut dia, rencana Andika untuk menyampaikan pendekatan baru dalam penanganan Papua merupakan semangat yang baik. “Biar langsung disampaikan kepada publik di Papua sana, biar juga mendengarkan langsung," ujar Anam.

(rca)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1368 seconds (10.55#12.26)