Konvensi Rakyat Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo: Gagasan Demokrasi Digital yang Terlembaga, Terarah dan Terukur

Jum'at, 26 November 2021 - 11:40 WIB
Konvensi Rakyat Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo: Gagasan Demokrasi Digital yang Terlembaga, Terarah dan Terukur
Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Angela Herliani Tanoesoedibjo mengatakan E-Democracy Konvensi Rakyat adalah gagasan yang terlembaga, terarah, dan terukur yang dikemas secara digital. FOTO/MNC MEDIA
A A A
JAKARTA - Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Angela Herliani Tanoesoedibjo mengatakan Konvensi Rakyat Partai Perindo memiliki perbedaan fundamental. E-Democracy Konvensi Rakyat adalah gagasan yang terlembaga, terarah, dan terukur yang dikemas secara digital.

"Ruang-ruang berdemokrasi di dunia digital sesungguhnya telah ada di berbagai ruang siber atau internet. Namun, Konvensi Rakyat memiliki perbedaan fundamental, yaitu sebuah gagasan demokrasi digital yang memiliki tempat yang terlembaga, terarah, dan dengan tujuan yang terukur," kata Angela dalam Peresmian Konvensi Rakyat Partai Perindo di Jakarta Concert Hall, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/11/2021).

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparenkraf) itu menambahkan bahwa pencalonan berbasis teknologi informasi untuk meruntuhkan sekat antar kelompok, suku, agama, ras, dan juga kelas ekonomi.

Baca juga: Konvensi Rakyat Partai Perindo, Anak Muda Harus Berani Jadi Wakil Rakyat yang Amanah

"Pencalonan berbasis teknologi informasi secara alamiah akan meruntuhkan sekat antarkelompok, suku, agama, ras dan juga kelas ekonomi. Inilah yang menjadi semangat dan esensi demokrasi digital bahwa cita-cita, inklusivitas, akuntabilitas, demokrasi substantif dan partisipatif dapat tercapai melalui Konvensi Rakyat," imbuhnya.



Terlebih, Indonesia yang akan memasuki bonus demografi diharapkan mampu memberikan peluang bagi generasi muda untuk mewarnai iklim demokrasi yang berlangsung di Indonesia.

"Itu sebabnya arah bangsa ini akan ditentukan oleh sepak terjang generasi muda. Kita generasi muda Indonesia harus benar-benar bisa memanfaatkan dengan baik keadaan ini termasuk membangun demokrasi di negara kita tercinta," kata Angela.

Angela mengingatkan bahwa semua komponen bangsa harus memanfaatkan bonus demografi tersebut untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. "Agar jarak yang cukup lebar antara generasi modern dengan demokrasi yang tengah berjalan dapat berjalan secara harmoni," tuturnya.

Baca juga: Ketika TGB Tiupkan Optimisme Kemenangan Partai Perindo dan Makna Persatuan Indonesia Baginya

Oleh karena itu, lanjut Angela, kehadiran Konvensi Rakyat Perindo diharapkan pula memberi warna baru dalam demokrasi, khususnya dalam mencari kader-kader terbaik bangsa sebagai wakil rakyat.

Angela sangat percaya bahwa platfrom ini akan membangun demokrasi yang lebih baik, untuk masa depan demokrasi dan generasi muda, serta demokrasi yang ramah milenial.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2305 seconds (11.97#12.26)