Danone SN Raih Rating Silver di Ajang ASRRAT 2021

Senin, 22 November 2021 - 14:30 WIB
loading...
Danone SN Raih Rating Silver di Ajang ASRRAT 2021
Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia 2019-2020 meraih rating Silver di ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia 2019-2020 meraih rating Silver di ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Dalam prosesnya, ada tiga aspek penilaian yaitu dampak lingkungan, sosial dari aktivitas perusahaan, dan pencapaian SDGs.

Ketua NCSR Ali Darwin menjelaskan ASRRAT 2021 diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah membuat laporan keberlanjutan. Selain itu juga mendorong peningkatan baik kuantitas maupun kualitas laporan yang diberikan oleh perusahaan.

"Aksi keberlanjutan memerlukan inovasi dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan. Aksi tersebut perlu diungkapkan dalam laporan keberlanjutan," katanya dikutip dari siaran persnya, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Pemkab Gresik Salurkan 28.800 Botol Air Minum Bantuan Danone Indonesia untuk Korban Banjir

Ketua Dewan Juri ASRRAT 2021, Prof Eko Ganis mengatakan, spirit lestari membangun makna hidup dalam bingkai keseimbangan yang baik secara sosial, lingkungan, ekonomi, teknologi dan spiritual. Menurutnya, tahun ini proses penilaian laporan dilakukan oleh 20 asesor yang merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

"Mereka semuanya memiliki kompetensi sebagai asesor karena telah memiliki sertifikat spesialis laporan keberlanjutan yang dikeluarkan oleh NCSR yang disebut Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS)," katanya.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, pihaknya memiliki keyakinan kuat bahwa kesehatan manusia dan kesehatan planet saling terkait satu sama lain. Karena itu pihaknya bertekad melakukan bisnis secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

"Kami juga menyadari bahwa transparansi akan operasional bisnis kami menjadi hal yang utama. Untuk itu, kami membuat laporan berkelanjutan yang kami luncurkan secara berkala untuk memberikan informasi terkait aktivitas bisnis kami kepada para pemangku kepentingan," katanya.

Baca juga: Dukung Kepedulian Kesehatan dan Lingkungan, Danone Digital Academy Diikuti 1.000 Content Creator

Keseriusan dalam mewujudkan keberlanjutan tercermin dalam salah satu gerakannya, yaitu Preserve and Renew the Planet’s Resources yang merupakan salah satu tujuan Danone dalam Goals 2030. Danone juga turut berpartisipasi dalam program global yaitu penerapan strategi karbon-positif dan target netralitas karbon pada tahun 2050. Dalam hal perlindungan sumber daya alam, Danone SN Indonesia pada tahun 2020 juga telah membuat taman keanekaragaman hayati (Taman Kehati) di dua lokasi yaitu Kampus IPB Dramaga Bogor seluas 14 hektare dan di Gunung Kidul seluas 10 Ha bekerja sama dengan para mitra.

Danone mempertahankan semangat efisiensi di seluruh rantai pasokan, bekerja keras untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang limbah secara inovatif yang bermanfaat bagi lingkungan di luar kegiatan operasional perusahaan, untuk mendukung gerakan zero waste to landfill. Danone mendukung penghematan air melalui kebijakan Danone Water Policy sebagai komitmen untuk melindungi sumber air, menyediakan ]air dan sanitasi yang bersih dan aman bagi karyawan dan masyarakat. Upaya Danone dalam menjaga efisiensi air dilakukan melalui 3M (Mengurangi, Menggunakan kembali dan Mendaur ulang).

Sedangkan untuk tetap memastikan kualitas udara sesuai dengan baku mutu yang ada, perusahaan melakukan audit kepada seluruh rantai pasokan produk Danone mulai dari Emisi energi GRK tidak langsung proses pengadaan, produksi, hingga distribusi.

"Kami akan terus melangkah pada hal baik lainnya untuk menghormati alam, masyarakat, dan kehidupan yang kami miliki melalui produk dan aktivitas bisnis kami Dengan semangat kolaborasi, kami juga berkomitmen untuk melangkah lebih jauh dalam membawa dampak lebih banyak demi terciptanya generasi maju melalui beragam inisiatif dan program kami," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)