Wacana Prabowo-Puan Buka Potensi Ganjar-Sandiaga Jadi Paslon

Senin, 22 November 2021 - 08:12 WIB
loading...
Wacana Prabowo-Puan Buka Potensi Ganjar-Sandiaga Jadi Paslon
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno berpotensi menjadi pasangan capres dan cawapres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno berpotensi menjadi pasangan capres dan cawapres 2024. Potensi ini dapat terjadi, mengingat wacana duet Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, menguat.



Diketahui, Ganjar merupakan kader partai berlambang banteng. Dari sejumlah survei, Ganjar juga memiliki tingkat elektabilitas yang cukup tinggi dibanding puan

Sementara kondisi Sandiaga di Gerindra serupa dengan Ganjar. Apalagi Sandiaga juga sempat mendampingi Prabowo menjadi cawapres pada pemilu 2019. Dengan wacana Prabowo-Puan, maka bukan tidak mungkin keduanya akan dibajak partai besar lain.

Lebih lanjut menurut dia, skenario Prabowo-Puan ini memiliki dua kemungkinan. Pertama skenario kunci, yang menurut Wasis pasangan Prabowo-Puan merupakan harga mati, sekaligus menutup peluang Ganjar untuk bisa maju dari PDIP

"Yang kedua yakni skenario alternatif, seandainya Prabowo tidak punya cawapres alternatif, sehingga dipasangkan dengan Puan," ujarnya.

Dengan sejumlah skenario itu, Wasis memprediksi pada Pemilu 2024 mendatang hanya akan ada dua poros koalisi, mengingat sistem pemilu serentak tidak memungkinan para parpol peserta pemilu untuk saling menjajaki koalisi.

Selain itu, ia menilai semakin pentingnya popularitas paslon untuk alat katrol elektabilitas parpol di pileg. Namun kata dia, hal tersebut masih sebatas prediksi awal. Sebab, tidak menutup kemungkinan dinamika menjelang 2024 berubah.

"Dinamika itu terus berjalan karena politik tidak mengenal kata 'ajeg' dalam komitmen," ujarnya.

Diketahui, wacana duet Prabowo Subianto dan Puan Maharani di 2024 menguat usai pertemuan keduanya, didampingi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri di satu ruangan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)