8 Budaya Indonesia Pernah Diklaim Malaysia, dari Batik hingga Wayang Kulit

Rabu, 17 November 2021 - 05:34 WIB
loading...
8 Budaya Indonesia Pernah Diklaim Malaysia, dari Batik hingga Wayang Kulit
Pada tanggal 27 November 2003 UNESCO mengakui Wayang Kulit sebagai warisan kebudayaan Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Persoalan klaim mengklaim kebudayaan kerap memanaskan hubungan Indonesia dengan negara tetangga. Warganet atau masyarakat di Tanah Air biasanya langsung bereaksi keras jika ada unsur kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga .

Dari tahun ke tahun klaim budaya Indonesia tersebut sepertinya tidak pernah surut. Paling banyak kasusnya dilakukan oleh negara Malaysia. Hubungan masyarakat Indonesia dengan negeri Jiran kerap naik turun.

Kasus terbaru adalah kolaborasi Adidas dengan Desainer Malaysia Jaemy Choong. Adidas Singapura membagikan desain sepatu seri terbaru yang bertema wayang kulit dan ditulis sebagai warisan Malaysia.

Tak butuh waktu lama, warganet kemudian menumpahkan kekesalannya karena Adidas Singapura mengklaim wayang kulit berasal dari Malaysia. Adidas Singapura pun akhirnya minta maaf setelah diprotes warganet Indonesia.

Berikut delapan kebudayaan Indonesia yang pernah diklaim oleh Malaysia:

1. Batik
Malaysia pernah mengklaim batik yang katanya sudah menjadi bagian budaya mereka sejak lama. Tak terima, Pemerintah Indonesia kemudian mengirimkan nota keberatan kepada Pemerintah Malaysia.

Tak mau kecolongan kedua kalinya, Indonesia lalu mendaftarkan batik ke UNESCO pada tanggal 3 September 2008. Setahun berselang pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO kemudian mengesahkan batik menjadi warisan budaya Indonesia.

2. Tari Reog Ponorogo
Malaysia juga pernah mengklaim Reog Ponorogo sebagai warisan budayanya pada tahun 2007. Seperti diketahui Ponorogo adalah salah satu nama daerah yang berada di Indonesia yang tepatnya berada di Provinsi Jawa Timur.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato' Zainal Abidin Mahamad Zain lalu meluruskan tak pernah mengklaim kesenian-kesenian asal Indonesia. Reog Ponorogo masuk Malaysia dibawa para pendatang.

3. Wayang Kulit
Wayang kulit pernah diklaim oleh Malaysia sebagai bagian dari budaya mereka. Hal ini dikarenakan beberapa orang Indonesia yang menetap di sana kerap mengadakan pertunjukan wayang kulit. Masyarakat Indonesia bisa bersyukur pada tanggal 27 November 2003 UNESCO mengakui Wayang Kulit sebagai warisan kebudayaan Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)