Golkar Siap Tampung Ganjar Pranowo, PDIP Sebut Banyak Parpol Tes Ombak

Jum'at, 12 November 2021 - 07:28 WIB
loading...
Golkar Siap Tampung Ganjar Pranowo, PDIP Sebut Banyak Parpol Tes Ombak
Politikus PDIP Hendrawan Supratikno meyakinkan PDIP belum mendorong sosok capres tertentu. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo makin lama makin kinclong. Tak heran bila dia dilirik sejumlah parpol untuk dipasangkan dengan kader mereka pada Pilpres 2024. Paling gres, karpet merah untuk kader PDIP tersebut dibentangkan Partai Golkar .

Tetap menurut politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno, apa yang disampaikan Golkar bukanlah fenomena yang aneh saat ini. Sebab banyak parpol sedang menguji kemungkinan-kemungkinan arah politik. "Banyak pihak belakangan rajin tes ombak untuk memantik tanggapan, dan melihat arah angin," ujar Hendrawan, dihubungi Jumat (12/11/2021).



Ia menyebutkan partai dengan logo banteng moncong putih tersebut tengah menggalang konsolidasi internal dan melakukan berbagai kegiatan yang dapat dirasakan langsung membantu masyarakat. "Kami memilih fokus dulu melakukan konsolidasi dan kegiatan-kegiatan riil yang bermanfaat untuk rakyat banyak," kata dia.

Hendrawan meyakinkan bahwa PDIP tidak akan ikut-ikutan dalam mendorong sosok capres tertentu. Sebab hal itu masih menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "(Kami) tidak menari dengan tetabuhan yang sekarang riuh rendah," tutur Hendrawan.

Sebelumnya, Partai Golkar menyatakan siap menampung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jika tidak mendapatkan tempat PDIP pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Hingga saat ini, partai berlambang beringin itu belum memiliki kandidat wakil presiden untuk mendampingi Airlangga Hartarto.



Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar, Nurdin Halid menegaskan, partainya telah sepakat mengusung Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) 2024. Namun, sampai saat ini belum ada calon wakil presiden yang diusung dari Partai Golkar.

"Jadi Ganjar Pranowo itu tidak usah khawatir. Dia kalau tidak dapat tempat di partainya, ada Partai Golkar yang selalu terbuka untuk dia," kata Nurdin Halid dalam Dialektika Demokrasi yang bertajuk 'Fenomena Kemunculan Relawan Capres Sejak Dini: Siapa Punya Ambisi?' di Media Center DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Menurut Nurdin, masalah apakah Ganjar Pranowo bisa menjadi cawapres atau capres yang diusung Partai Golkar bisa dibahas di kemudian hari. Namun, Nurdin juga menyarankan agar Ganjar Pranowo segera mencari rumah baru jika ditolak PDIP. "Urusan nomor satu atau dua itu urusan nanti. Kan Pak Ganjar yang penting masuk dulu, ini ada rumah baru yang siap menerima beliau," kata Nurdin.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)