Indonesia Juara Dunia Battle of Minds 2021, Bawa Ide Sustainable Bioplastic

Kamis, 11 November 2021 - 12:23 WIB
loading...
Indonesia Juara Dunia Battle of Minds 2021, Bawa Ide Sustainable Bioplastic
Tim Ijo menorehkan prestasi membanggakan bagi Indonesia. Mereka berhasil menjadi juara 1 kompetisi tingkat dunia Battle of Minds 2021. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tim Ijo menorehkan prestasi membanggakan bagi Indonesia. Mereka berhasil menjadi juara 1 kompetisi tingkat dunia Battle of Minds 2021. Menyingkirkan perwakilan terbaik dari 24 negara dari seluruh dunia.

Pengumuman pemenang dilakukan virtual akhir minggu lalu dan dihadiri manajemen Global BAT dan BTomorrow Ventures di Inggris selaku penyelenggara kompetisi, serta para finalis dari seluruh dunia. Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Indonesia sejak keikutsertaannya pada 2019.

“Sangat sulit dipercaya bahwa kami bisa menjadi juara utama. Kami hanya berharap bahwa kami akan masuk ke dalam 10 besar saja. Dengan kemenangan ini, kami semakin dekat dengan mimpi kami yang ingin menggantikan produk sedotan berbahan plastik sekali pakai dengan produk kami yang lebih ramah lingkungan, mudah diproduksi, mudah terurai secara alami dan tentunya memiliki dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” kata anggota Tim Ijo, Rahadiyan Garuda Dewangga dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (11/11/2021).

Tim Ijo yang membawa ide sustainable bioplastic berhasil memperoleh pendanaan dari BTomorrow Ventures senilai 50.000 poundsterling atau hampir Rp1 miliar.Sustainable bioplastic sendiri merupakan inovasi untuk memproduksi sedotan berbahan dasar rumput laut (seastraw) yang menjadi terobosan pengganti sedotan plastik yang lebih ramah lingkungan, murah dan mudah diproduksi (sustainable), dan bahkan dapat dimakan.

The United Nations Environment Programme (UNEP) mencatat, saat ini penduduk di seluruh dunia memproduksi total 300 juta ton sampah plastik setiap tahun. Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia sendiri menghasilkan sampah plastik sebanyak 64 juta ton per tahun, yang mana salah satunya berasal dari plastik sekali pakai.

Inovasi sustainable bioplastic dari Tim Ijo yang beranggotakan Rahadiyan Dewangga Garuda dan Nia Julies ini menjadi salah satu solusi penting untuk menyelamatkan Indonesia dan dunia dari kerusakan lingkungan akibat sampah plastik. Karena terbuat dari bahan alami, sedotan buatan Tim Ijo nantinya dapat dengan mudah terurai dengan sendirinya (biodegradable), sehingga dapat mengurangi jumlah sampah plastik di bumi.

Selain mengurangi sampah plastik, ide Rahadiyan dan Nia ini juga akan mendorong kemajuan budidaya rumput laut. Kemudian meningkatkan kesejahteraan para petani rumput laut dan pada saat yang sama membantu konservasi kawasan perairan laut dalam jangka panjang. Selain itu, rumput laut juga dikenal memiliki manfaat kesehatan sehingga seastraw buatan Tim Ijo nantinya dapat dimakan dengan aman.

Rahadiyan dan Nia yang merupakan profesional muda ini mengikuti kompetisi Battle of Minds sejak Mei 2021. Setelah memenangkan kompetisi tingkat nasional pada September, mereka kemudian mewakili Indonesia di tingkat internasional. Mereka bersaing dengan 12 negara lainnya yakni Mesir, Kenya, Bangladesh, Rusia, Serbia, Pakistan, Vietnam, Nigeria, Brazil, Inggris, Amerika Serikat, dan Venezuela.

HR & Inclusion Director BAT Indonesia, Widyo Rulyantoko mengatakan, prestasi ini sangat membanggakan. Dia sangat senang melihat anak-anak muda sekarang menunjukkan kepedulian dan turut berpartisipasi secara langsung dalam membantu pencapaian Sustainable Development Goals.

“Battle of Minds sendiri merupakan wujud komitmen BAT terhadap agenda keberlanjutan (sustainability) yang merupakan bagian dari visi kami untuk menciptakan masa depan yang lebih baik (a better tomorrow), dengan menempatkan environment, social, and governance (ESG) di posisi terdepan dalam setiap aktivitas bisnis yang kami lakukan,” tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)