Melacak Jejak Harimau Jawa, Raja Rimba yang Menolak Punah (1)

Kamis, 11 November 2021 - 10:26 WIB
loading...
Melacak Jejak Harimau Jawa, Raja Rimba yang Menolak Punah (1)
41 tahun sejak dinyatakan punah, sesekali laporan tidak resmi tentang Harimau Jawa masih muncul dari penggemar yang percaya harimau Jawa masih ada. foto/okezone
A A A
JAKARTA - Masih ada atau tidaknya harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) hingga kini ramai diperdebatkan. Banyak yang meyakini sang Raja Rimba ini belum punah. Kerap ditemukan penampakan yang diduga kuat jejak harimau Jawa, meski jejak-jejak itu tidak tuntas diverifikasi.

baca juga: Harimau Jawa Tak Muncul, BKSDA Tarik Kamera Pengintai di Lereng Wilis Tulungagung

International Union for Conservation Nature secara resmi mengumumkan bahwa harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) yang terakhir berada di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur, pada 1976. Sesudah itu sang Raja Rimba ini semakin menghilang dan akhirnya dinyatakan punah pada awal 1980-an.

41 tahun sejak dinyatakan punah, sesekali laporan tidak resmi tentang Harimau Jawa masih muncul dari penggemar yang percaya harimau Jawa masih ada. Bahkan, tak sedikit ahli dan peneliti yang dalam risetnya menyebutkan hewan berbulu loreng ini masih ada.

Sensus terakhir tentang keberadaan harimau Jawa dilakukan selama 1 tahun, yaitu sejak 1999-2000. Kegiatan ini berlangsung di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur. Sebanyak 12 staf taman nasional dilatih dengan dibekali 20 unit kamera.

baca juga: Upaya BKSDA Blitar Melacak 'Sang Legenda' Harimau Jawa di Lereng Wilis

Selain itu, tim juga mendapat bantuan dari yayasan "The Tiger Foundation" berupa 15 unit kamera inframerah dalam rangka memfasilitasi upaya sensus. Hasil sensus mengatakan bahwa tidak ada harimau Jawa, hanya sedikit mangsa, banyak pemburu liar.

Sensus dilakukan karena adanya laporan dari beberapa orang staf taman nasional serta warga setempat yang menduga bahwa harimau Jawa masih ada. Bahkan lama setelah sensus, dan lagi-lagi dinyatakan harimau Jawa telah punah, perdebatan tentang masih ada tidaknya harimau Jawa masih sangat ramai.

Yang membuat penasaran, meski sudah dinyatakan punah sejumlah jejak yang diduga kuat milik harimau Jawa masih banyak ditemukan. Pada November 2008, sesosok jasad wanita tak dikenal (pendaki gunung) ditemukan di Taman Nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah, yang diduga meninggal karena serangan harimau. Penduduk desa yang menemukan tubuhnya juga mengklaim beberapa penampakan harimau di sekitarnya.

baca juga: Ini Tempat Terakhir di Dunia, di Mana Gajah, Badak, Orangutan dan Harimau Hidup Bersama
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)