Jelang World Superbike 2021, Polisi-TNI Simulasi Pengamanan Sirkuit Mandalika

Kamis, 11 November 2021 - 05:17 WIB
loading...
Jelang World Superbike 2021, Polisi-TNI Simulasi Pengamanan Sirkuit Mandalika
Polda NTB dan Korem Wira Bhakti menggelar simulasi pengamanan di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada Rabu (10/11/2021), persiapan IATC dan WSBK 2021. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Korem Wira Bhakti menggelar simulasi pengamanan di Sirkuit Mandalika , Lombok, pada Rabu (10/11/2021). Simulasi pengamanan itu digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) 2021.

Baca juga: Menhub Pastikan Konektivitas Antarmoda World Superbike Lancar Tanpa Hambatan

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan dengan matang perhelatan lomba balap itu. Iqbal bahkan sudah merencanakan skenario sekaligus menerapkan strategi pengamanan di arena sirkuit sejak dua bulan yang lalu.

"Kemarin, Alhamdulilah kami sudah melakukan tactical floor game pamungkas. Dan kami yakin dan insyaallah kami percaya diri untuk melakukan pengamanan," kata Iqbal melalui keterangan resminya, Rabu (10/11/2021).

Mantan Kadiv Humas Polri itu membeberkan, terdapat 3 ribu personel gabungan yang bakal diterjunkan khusus untuk mengamankan lomba balap internasional itu. Dia memastikan pengamanan sudah dilakukan secara mendetail, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Bahkan, sambung Iqbal, ratusan bus gratis juga telah disiapkan untuk menjemput para penonton yang akan menyaksikan ajang balap internasional tersebut. Bus gratis disiapkan agar prokes Covid-19 bisa dikontrol dengan baik.

Bekas Wakapolda Jawa Timur itu menekankan segala persiapan itu semata-mata dilakukan untuk menghindari gangguan keamanan dan penyebaran Covid-19. "Tolong doakan kami semua, kami tahu bahwa ikhtiar-ikhtiar tanpa doa tidak akan lengkap," tandas Iqbal.

Sekadar informasi, turut hadir Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi; Gubernur NTB Zulkieflimansyah; Kakor Polairud Baharkam Polri Irjen Verdianto I Bitticaca; serta Danrem Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, dalam simulasi pengamanan di Sirkuit Mandalika tersebut.

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi kekompakan TNI-Polri dalam persiapan pengamanan ajang balap internasional yang bakal dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok. Budi berharap ajang balap itu bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Satu kata, luar biasa. Saya melihat kekompakan TNI-Polri dengan Pemda itu sangat mengharukan. Kita punya gawai internasional pada 19 November. Kami harus kawal dengan baik, cermati dengan detail, karena segala kemungkinan bisa terjadi," kata Budi Karya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)