Manfaatkan Jaringan Atasi Krisis Perubahan Iklim

Rabu, 10 November 2021 - 21:03 WIB
loading...
Manfaatkan Jaringan Atasi Krisis Perubahan Iklim
Wakil Sekretaris Jenderal DPP GP NasDem Duwi Pratiwi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perubahan iklim di dunia menjadi perhatian banyak pihak karena merupakan ancaman yang besar bagi umat manusia. Garda Pemuda NasDem menyatakan komitmennya untuk terlibat secara aktif dalam usaha-usaha mengatasi perubahan iklim yang selama ini terhambat dikarenakan adanya pandemi.

Pernyataan kesiapan itu disampaikan secara langsung di UNFCCC - COP26 Glasgow, konferensi akbar yang mana berbagai pemerintahan dan organisasi di seluruh dunia menyeleraskan upayanya dalam mengendalikan krisis iklim. “Ke depannya, kami akan memulai kembali program-program nyata untuk mengatasi isu-isu lingkungan, khususnya krisis perubahan iklim, dengan memanfaatkan jaringan kami yang tersebar di seluruh penjuru negeri,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPP GP NasDem Duwi Pratiwi dalam Forum Diskusi “Youth and Climate Action: Important Contribution to the Global Community” di Paviliun Indonesia, COP26 Glasgow, Selasa (9/11/2021).

GP NasDem telah membangun lima program sebagai aksi pengendalian perubahan iklim guna mengimplementasikan komitmen ini menjadi kontribusi nyata. Lima program itu adalah penanaman pohon, pelatihan penanganan bencana yang diakibatkan krisis iklim, bootcamp, pendampingan program untuk komunitas pemuda, serta memberikan rekomendasi kebijakan untuk pemerintah dalam pemberdayaan pemuda dalam isu terkait.

Baca juga: Cerita Sri Mulyani di Acara COP26, Betah Jalan Kaki di Udara Dingin

Isu lingkungan tergolong jarang diangkat oleh organisasi maupun komunitas dengan latar belakang partai politik. Meskipun akan terdapat tanggapan apatis akan upaya yang dilakukan GP NasDem ini, respons ini akan dijadikan dorongan lebih besar untuk menghasilkan program dengan manfaat besar bagi lingkungan dan masyarakat pada umumnya.

Tidak hanya dengan lebih dari 300.000 anggota dan simpatisan GP NasDem yang tersebar di penjuru nusantara, GP NasDem juga akan menggaet komunitas pemuda termasuk karang taruna sampai ke tingkat RT/RW di berbagai daerah. Hal ini secara optimis dikomitmenkan oleh GP NasDem dikarenakan metode ini bukan hal yang baru bagi GP NasDem yang kerap melibatkan berbagai pihak dalam berbagai program sebelumnya.

“Betul, kami memang datang dari partai politik. Namun kami percaya bahwa setiap orang dan organisasi memiliki hak dalam berkontribusi untuk komunitas dan negaranya. Terlebih dengan kemampuan kami dalam melibatkan generasi muda sampai ke tingkat akar rumput,” kata Duwi.

Adapun UNFCCC - COP26 Glasgow diselenggarakan sejak 1 November 2021 dan dihadiri oleh berbagai pemimpin dunia termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dunia ini telah dilakukan sejak tahun 1994, yang mana PBB mempertemukan hampir seluruh negara di dunia dengan misi utama untuk membatasi produksi emisi gas rumah kaca dan menjaga temperatur bumi di 2 derajat dan mengupayakan untuk dapat mencapai 1.5 derajat.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1548 seconds (11.97#12.26)