Menjaga Kelestarian Lingkungan Tidak Mudah, Perlu Komitmen Serius

Senin, 08 November 2021 - 18:45 WIB
loading...
Menjaga Kelestarian Lingkungan Tidak Mudah, Perlu Komitmen Serius
NasDem di usianya yang ke-10 mengingatkan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Gerakan tersebut juga sekaligus membangun kesadaran agar masyarakat bisa lebih peduli pada lingkungan hidup.Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Membangkitkan kesadaran bersama akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup bukan perkara mudah. Perlu upaya serius dan berkelanjutan agar tumbuh rasa peduli terhadap lingkungan di hati masyarakat.

Partai NasDem di usianya yang ke-10 mencoba mengingatkan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Gerakan tersebut juga sekaligus membangun kesadaran bersama agar masyarakat bisa lebih peduli pada lingkungan hidup.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP Partai NasDem, Lusyani Suwandi mengatakan, secara serentak kader di berbagai daerah pun bergerak untuk membangkitkan kesadaran tersebut. “Masalah sampah masih menjadi salah satu masalah yang belum bisa diatasi di banyak daerah. Kondisi itu lagi-lagi membuktikan masih belum ada kesadaran di sebagian masyarakat untuk menjaga lingkungannya,” katanya dalam keterangan pers, Senin (8/11/2021).

Politisi kelahiran Pangkal Pinang, 22 November 1970 itu mengaku sangat senang melihat antusiasme kader NasDem di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan banyak kader yang rela berjalan puluhan kilometer untuk memungut sampah di sepanjang pantai dan rela berlumuran lumpur agar bisa menanam bibit mangrove demi mengurangi risiko abrasi.

“Kami sangat mengapresiasi kader NasDem di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang terus bergerak merayakan satu dekade Partai NasDem di Jalan Restorasi. Kita yakin upaya pelestarian lingkungan ini pasti bisa dikerjakan oleh semua kalangan dan bisa menjadi gerakan,” ujar perempuan yang akrab disapa Lusy ini.

Lusy pun mencontohkan, gerakan yang dibuat komunitas Sahabat Lestari binaan anggota Majelis Tinggi Partai NasDem yang juga Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Mereka menyusuri Sungai Tuntang di pusat Kabupaten Demak demi menjaga kebersihan Kota Wali itu.

Selain itu, NasDem Lampung menanam 1.000 bibit pohon alpukat di Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Sementara, DPD NasDem Kabupaten Cilacap menggelar aksi bersih-bersih Pantai Cemara Sewu, akhir pekan lalu.

Kader NasDem yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia lainnya juga bergerak dan bahkan berkolaborasi dengan sejumlah komunitas masyarakat guna melakukan upaya pelestarian lingkungan. Pelibatan komunitas itu dilakukan antara lain kader NasDem Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Mereka menggelar aksi penanaman ratusan bibit mangrove di Pantai Songka, Wara Selatan.

Lusy melanjutkan, aksi peduli lingkungan yang digagas DPP Partai NasDem itu diikuti pengurus baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Gerakan tersebut telah berlangsung sejak pekan lalu. "Kader-kader di ratusan daerah sudah bergotong toyong membersihkan lingkungan mulai dari memungut sampah hingga menanam bibit tanaman," ujarnya.

Acara puncak gerakan peduli lingkungan ini, terang Lusy, bakal dilaksanakan pada 19 November 2021 di Kepulauan Seribu. Acaranya menggelar aksi bersih-bersih pantai, melepas anak penyu dan anak burung elang, serta memberikan bantuan berupa sembako kepada puluhan ribu masyarakat yang membutuhkan. Dia pun berharap NasDem dapat menjadi pionir gerakan perubahan di bidang lingkungan hidup.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)