Lewat Rapat Paripurna Besok, Jenderal Andika Disahkan Jadi Panglima TNI

Minggu, 07 November 2021 - 19:58 WIB
loading...
Lewat Rapat Paripurna Besok, Jenderal Andika Disahkan Jadi Panglima TNI
Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menuturkan, DPR bakal menggelar rapat paripurna besok, Senin (8/11/2021). Rapat tersebut untuk mengesahan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.



"Besok insya Allah jam 10 paripurna dan Jenderal Andika juga diundang ke hadapan paripurna untuk disampaikan bahwa pengambilan keputusan DPR," kata Kharis usai mengunjungi rumah Andika di kawasan Patal Senatan, Jakarta Selatan, Minggu (7/11/2021).

Dia menyebut, nantinya Andika Perkasa tak didampingi oleh Marsekal Hadi. Sebab, di dalam mekanisme, yang dapat hadir hanyalah calon Panglima TNI.

"Kalau mekanisme di DPR ya itu hanya Panglima TNI yang akan diputuskan, yang hadir," bebernya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Persetujuan ini diputuskan usai Andika menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Kompleks Parlemen pada hari ini, Sabtu (6/11/2021).

Dalam kesempatan itu, Andika menjelaskan fokusnya dalam waktu dekat ini. "Prioritas kita adalah bagaimana membuat kita lebih memegang peraturan perundangan sebagai dasar kita, khususnya kami pelaku di bawah yang melaksanakan tugas yang diberikan pemerintah," kata Andika.

"Bagi saya itu sangat penting. Kita enggak bisa lagi seenaknya bertindak seolah-olah punya kewenangan. Kita akan lakukan sesuai dengan perundangan, benar-benar itu. Hukumnya gimana kita harus begitu," imbuhnya.

Fit and proper test terhadap Andika dilaksanakan selama tiga jam. Proses uji kelayakan dan kepatutan ini diawali dengan penyampaian visi serta misi secara terbuka.

"Maka pimpinan Komisi I memutuskan yang pertama menyetujui pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya. Kesimpulan kedua, memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI," ujar Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0004 seconds (0.1#10.140)