Ribuan Vaksin di Kudus Kedaluwarsa, Satgas: Pemda Jangan Menunda Vaksinasi

Kamis, 04 November 2021 - 19:46 WIB
loading...
Ribuan Vaksin di Kudus Kedaluwarsa, Satgas: Pemda Jangan Menunda Vaksinasi
Sebanyak 4.000 vaksin AstraZeneca di Kudus, Jawa Tengah, dikabarkan kedaluwarsa. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 4.000 vaksin AstraZeneca di Kudus, Jawa Tengah, dikabarkan kedaluwarsa . Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan agar hal ini menjadi pelajaran seluruh pihak.

Dia meminta pemerintah daerah (pemda) tidak menunda-nunda pelaksanaan vaksinasi agar vaksin tidak menjadi kedaluwarsa.

"Hendaknya hal ini menjadi pembelajaran bagi seluruh unsur dalam sistem kesehatan, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota untuk tidak menunda proses vaksinasi," katanya dalam konferensi persnya, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Hampir Kedaluwarsa, Bekasi Hibahkan Vaksin Covid-19 ke Sejumlah Kota

Dia menegaskan bahwa vaksin saat ini adalah sesuatu yang sangat berharga. Pasalnya tidak mudah bagi pemerintah untuk mendapatkan vaksin.

"Karena vaksin ini sangat berharga untuk melindungi masyarakat di daerahnya masing-masing. Selain itu masyarakat harus proaktif menyambangi titik vaksinasi. Ingat bahwa akses terhadap vaksin tidak mudah untuk kita dapatkan. Sehingga harus sangat dihargai dan dipergunakan secara maksimal," katanya.

Wiku mengungkapkan hingga 1 November 2021 terdapat 40 juta dosis vaksin covid-19 di daerah. Di mana setidaknya sudah 241 juta dosis vaksin yang didistribusikan ke seluruh daerah ke Tanah Air.

Baca juga: Gawat! Lebih dari 100 Orang Swedia Disuntik dengan Vaksin COVID-19 Kedaluwarsa

"Jumlah stok ini cukup untuk kebutuhan pelaksanaan vaksinasi dalam satu bulan ke depan karena laju vaksinasi di Indonesia saat ini mencapai 50 juta dosis dalam 5 minggu," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1484 seconds (10.177#12.26)