Idap Kanker Prostat, Begini Kondisi Terkini SBY

Selasa, 02 November 2021 - 12:13 WIB
loading...
Idap Kanker Prostat, Begini Kondisi Terkini SBY
SBY berada di tengah lukisan terbarunya. SBY didiagnosa menderita kanker prostat. FOTO/Instagram @aniyudhoyono
A A A
JAKARTA - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) didiagnosa menderita kanker prostat . Namun kondisinya saat ini cukup baik dan masih beraktivitas seperti biasa.

Hal ini ditegaskan oleh staf pribadi SBY, Ossy Dermawan dalam keterangan tertulis kepada media, Selasa (2/11/2021).

"Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain," kata Ossy Dermawan.

Baca juga: SBY Idap Kanker Prostat

Ossy berharap semua pihak dapat turut mendoakan agar proses medis yang akan dilakukan SBY berjalan dengan baik dan lancar.

"Melalui press release ini, Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," kata Ossy Dermawan.

Rencananya, SBY akan berobat ke luar negeri. Menurut Ossy, pihaknya sudah menginformasikan rencana medical treatment SBY itu kepada Presiden Jokowi.

Dari hasil komunikasi tersebut, Ossy Dermawan, mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi memberikan respons baik. "Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," kata Ossy Dermawan.

Baca juga: Ini Gejala Kanker Prostat Seperti Dialami SBY yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Sakit saat Ejakulasi

Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

"Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY. Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," kata Ossy Dermawan

"Komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY. Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," kata Ossy Dermawan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)