Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pengungkit Ekosistem Bisnis Indonesia

Selasa, 02 November 2021 - 06:18 WIB
loading...
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pengungkit Ekosistem Bisnis Indonesia
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pengungkit Ekosistem Bisnis Indonesia
A A A
Dr Muhammad Sufyan Abdurrahman
Dosen Digital PR Telkom University & Jalasenastri Saprala, Sarjana Digital PR Telkom University

Perusahaan memiliki berbagai macam program dan usaha dalam menjaga, meningkatkan atau bahkan memperbaiki citra yang dimilikinya saat ini. Berbagai program tersebut perusahaan kemas sebaik dan semenarik mungkin demi menarik perhatian stakeholder atau pun khalayaknya.

baca juga: Kunjungi Desa Komodo, Erick Thohir Harap CSR BUMN Berdampak Positif

Namun, dari program-program yang dilaksanakan itu masih banyak perusahaan yang tidak dapat mencapai tujuannya. Hal tersebut bisa jadi kesalahan dari cara perusahaan mengemas program atau mungkin program yang dibuat tidak sesuai dengan keinginan stakeholder dan khalayak. Mengetahui hal tersebut, suatu perusahaan perlu melakukan analisis dan mind mapping yang baik ketika akan membuat suatu program yang dimana program tersebut dimaksudkan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap keberadaan perusahaan.

Dari sekian banyak program yang suatu perusahaan rencanakan dan laksanakan, CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan program yang sangat dapat menarik perhatian stakeholder dan masyarakat dikarenakan program ini merupakan program kemanusiaan.

Program kemanusiaan di Indonesia sangat dapat menarik perhatian stakeholder dan khalayak dikarekan program ini merupakan kegiatan dimana perusahaan menarik perhatian dengan menyentuh perasaan dan emosional pihak-pihak tersebut. Di masa pandemi seperti saat ini, kita dapat melihat banyak perusahaan yang berbondong-bondong melakukan kegiatan CSR. Kegiatan CSR yang dimaksud dapat berupa membagikan sumbangan bagi desa yang membutuhkan, membagikan berbagai macam kelengkapan protokol kesehatan seperti masker, handsanitizer, dll.

baca juga: Konsisten Implementasi ESG, Pertamina Borong Penghargaan Nusantara CSR Awards

Dalam buku yang berjudul “Filosofi dan Implementasi CSR di Indonesia” karya salah satu akademisi Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini menguraikan mengenai pedoman pelaksanaan kegiatan CSR yang dapat diterapkan dalam ekosistem bisnis di Indonesia. Dengan adanya buku ini, penulis mengharapkan kalangan mahasiswa, berbagai pemangku kepentingan, akademisi, praktisi, dan pihak pihak yang membutuhkan informasi terkait CSR dapat memiliki literatur yang lengkap tentang CSR melihat saat ini masih sangat jarang literatur mengenai CSR di Indonesia.

Buku ini memiliki 10 bab yang dimana seluruh bab tersebut memberikan informasi mengenai CSR dari filosofi hingga penerapannya. Bab yang paling menarik perhatian dalam buku ini yaitu bab X, dimana penulis menjelaskan mengenai dasar penyusuan dan evaluasi program CSR.

Mengapa kami mengatakan bab ini menarik, dikarenakan kami menganggap bahwa program CSR dapat berhasil jika perencanaan dan susunan yang kita lakukan dapat dibuat dengan seoptimal mungkin dengan menyiapkan berbagai opsi lain dimana kala opsi utama tidak berjalan sesuai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3207 seconds (0.1#10.140)