Menelaah Lebih Jauh Stereotip Gender Sejak Anak-Anak

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 09:07 WIB
loading...
Menelaah Lebih Jauh Stereotip Gender Sejak Anak-Anak
Menelaah Lebih Jauh Stereotip Gender Sejak Anak-Anak
A A A
Dr Muhammad Sufyan Abdurrahman
Dosen Digital PR Telkom University & Esti Fauziyah, Alumni Digital PR Telkom University


AKHIR-akhir ini, stereotip mengenai perbedaan gender di masyarakat menjadi perbincangan yang sering muncul. Jika pada zaman dahulu yang hanya dapat memakai rok adalah perempuan dan celana untuk laki-laki, kini sering dijumpai perempuan yang menyerupai laki-laki begitupun sebaliknya.

baca juga: Menteri PPPA: Pembangunan di Indonesia Masih Belum Perhatikan Kesetaraan Gender

Perubahan yang seperti ini tentu tidak semua masyarakat dapat menerimanya, tetap saja ada pihak yang pro dan kontra terhadap perubahan ini. Stereotip gender yang sudah berkembang dalam berbagai budaya menunjukkan bahwa masyarakat memberikan perlakuan berbeda terhadap laki-laki dan perempuan. Tidak hanya pakaian, ketidaksetaraan gender juga membatasi perempuan terhadap pendidikan, pekerjaan, serta potensi yang dimiliki setiap individu.

baca juga: Jangan Diremehkan, Transgender Ini Resmi Dilantik Jadi Laksamana Bintang Empat

Berkaca pada keadaan yang sebenarnya, banyak masyarakat yang masih memiliki persepsi bahwa memasak, mengurus rumah, mengasuh anak adalah pekerjaan perempuan. Sedangkan laki-laki berperan dalam mencari nafkah dan pemimpin keluarga. Begitupun dalam hal hobi, perempuan diharapkan lebih terlibat dalam bidang seni, bahasa serta keperawatan, dan laki-laki diharapkan lebih terlibat dalam kegiatan olahraga, teknik, dan mesin. Akibatnya, banyak individu yang merasa terbatasi hanya karena stereotip yang ada.

Meskipun stereotip memiliki sifat-sifat positif, tetapi stereotip berupa sifat negatif lebih banyak dihasilkan dan digunakan untuk membenarkan diskriminasi terhadap individu ataupun anggota kelompok tertentu. Walaupun pada dasarnya stereotip mengeneralisasikan suatu individu atapun anggota kelompok, namun bisa saja stereotip ini menjadi akurat dan tidak akurat. Maka dari itu, perlu dilakukan upaya untuk memperbaiki persepsi masyarakat mengenai stereotip gender ini.

baca juga: Pakai High Heels, 6 Idol K-Pop Pria Ini Berani Dobrak Stereotipe Gender

Dalam memperbaiki stereotip gender yang kaku, dibutuhkan peran agen-agen sosial di sekitar anak. Agen sosial yang mempunyai peran penting terhadap perkembangan gender anak adalah orang tua. Sejak anak masih berada di usia bayi, mereka sudah memperoleh pengetahuan gender yang cukup banyak. Oleh karena itu, orang tua memiliki campur tangan langsung terhadap perkembangan gender anak.

Buku ini merupakan karya penting berisikan pemaparan lengkap mengenai konsep gender serta perkembangan gender pada anak yang dimulai sejak awal kehidupan. Anak-anak mulai mengembangkan perilaku stereotip gender pada sekitar usia 2 tahun yaitu ketika kesadaran gender anak mulai berkembang, mereka sudah mengetahui bahwa dirinya adalah anak laki-laki ataupun perempuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)