Capaian Vaksinasi Tak Meningkat, Luhut: Akan Ada Operasi Khusus di Bogor dan Tangerang

Senin, 18 Oktober 2021 - 18:42 WIB
loading...
Capaian Vaksinasi Tak Meningkat, Luhut: Akan Ada Operasi Khusus di Bogor dan Tangerang
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan capaian vaksinasi Covid-19 di Bogor dan Tangerang belum juga meningkat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan capaian vaksinasi Covid-19 di Bogor dan Tangerang belum juga meningkat. Hal ini berdampak pada daerah lain di wilayah Jabodetabek tidak bisa mengalami penurunan level PPKM.

Pemerintah pun memutuskan untuk mengeluarkan Bogor dan Tangerang dari wilayah aglomerasi Jabodetabek. Sehingga penurunan level di daerah lain bisa dilakukan. “Presiden memberikan arahan untuk tidak menahan terus kabupaten yang lain maka Bogor Tangerang dikeluarkan dari Jabodetabek,” katanya, Senin (18/10/2021).

Luhut mengatakan pemerintah akan melakukan operasi khusus di Tangerang dan Bogor terkait peningkatan capaian vaksinasi. “Bogor dan Tangerang akan dilakukan operasi khusus oleh TNI-Polri dan Kementerian Kesehatan dengan mengerahkan vaksinator-vaksinator untuk mempercepat target ini,” ujarnya.

Terkait dengan kondisi ini, pemerintah memutuskan untuk tidak menjadikan capaian vaksinasi sebagai indikator level PPKM wilayah aglomerasi. Seperti diketahui sebelumnya pemerintah menetapkan bahwa capaian vaksinasi akan berpengaruh pada level PPKM wilayah aglomerasi.

Jika satu daerah di wilayah aglomerasi belum memenuhi capaian vaksinasi maka dipastikan daerah lain belum dapat turun level PPKM. “Berkaca dari kondisi tersebut dan atas persetujuan dari Presiden, syarat vaksinasi kabupaten/kota di aglomerasi diubah berdasarkan pencapaian kabupaten/kota itu sendiri. Selama keseluruhan aglomerasi sudah memenuhi syarat WHO untuk turun level,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3174 seconds (0.1#10.140)