alexametrics

Pemerintah Sebut Program Bansos Jangkau 40% Masyarakat Indonesia

loading...
Pemerintah Sebut Program Bansos Jangkau 40% Masyarakat Indonesia
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan program bantuan sosial (Bansos) menjangkau hampir separuh masyarakat Indonesia. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan program bantuan sosial (Bansos) menjangkau hampir separuh masyarakat Indonesia. Seperti diketahu beberapa program bansos yang dikeluarkan pemerintah antara lain bansos tunai, bansos sembako, bansos dana desa, bantuan pangan non tunai (BPNT), dan program keluarga harapan (PKH). “Ini sudah mencakup 40% dari masyarakat,” katanya seusai rapat terbatas, Rabu (3/6/2020).

Dia menyebut penerima bansos mayoritas adalah para petani, peternak dan pekebun sebanyak 18,4 juta. Kemudian pedagang dan pekerja sektor swasta 4,2 juta. “(Lalu) pekerja bangunan 3,4 juta. Pekerja pabrik 3,3 juta. Sopir dan pekerja komunikasi 1,3 juta, nelayan hampir 900.000, dan sektor lainnya,” ungkapnya. (Baca juga: Diperpanjang Sampai Desember, Nilai Bansos Turun Jadi Rp300.000/Bulan)

Menkeu mengatakan hal ini adalah bentuk dukungan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat terdampak Covid-19. Pemerintah sendiri mengalokasikan anggaran bansos yang lansung diterima masyarakat sebesar Rp178,9 triliun. “Itu adalah dukungan yang diberikan pemerintah untuk menahan daya beli agar tidak menurun akibat Covid-19 dan merosotnya kegiatan ekonomi terutama di level masyarakat akar rumput,” katanya.

(cip)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak