Tanah Mantan Jaksa Agung Baharuddin Lopa Dijarah Para Mafia, Ahli Waris Mengadu

Kamis, 14 Oktober 2021 - 23:27 WIB
loading...
Tanah Mantan Jaksa Agung Baharuddin Lopa Dijarah Para Mafia, Ahli Waris Mengadu
Keluarga Baharuddin Lopa, Jaksa Agung era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, menjerit. Tanahnya peninggalan Lopa itu, dicaplok mafia tanah. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Keluarga Baharuddin Lopa, Jaksa Agung era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, menjerit. Tanahnya peninggalan Lopa itu, dicaplok mafia tanah .



"BPN... tolong bantu kembalikan tanah hak orang tua kami almarhum Baharuddin Lopa yang diincar dan digarong mafia-mafia tanah di Pontianak," cuitnya, seperti dikutip SINDOnews, Kamis (14/10/2021).

Cuitan ini pun terdengar oleh Sofyan A Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN. Sofyan pun menanyakan pokok masalahnya.

"Bagaimana duduk masalahnya? Apakah sudah lapor atau komplain ke BPN setempat?," kata Sofyan A Djalil @djalil_sofyan menimpali.

"Saya sudah pernah bertemu dengan Kepala BPN-nya, tapi tidak ada solusi pak. Saya tidak dilayani jika tidak ada data, padahal saya datang ingin BPN cek kebenaran," sambung Sita B Lopa @Sitalopa2.

Dirinya bersama tim pun mengaku telah melakukan penelusuran dan sudah mendapatkan lokasi tanah yang menjadi sasaran mafia.

"Saya dan tim melakukan penelusuran dan alhamdulillah sudah dapat lokasi berdasarkan peta BPN, walau sudah berkurang luasnya. Namun sudah diklaim milik seseorang," tambah Sita B Lopa lagi.

Mendengar jawaban itu, Sofyan Jalil pun meminta berkas dan laporan lengkap keluarga Jaksa Agung era Gus Dus itu untuk diselidiki.

"Ibu Sita, tolong ibu kirimkan laporan/komplain, dengan mendiskripsi secara ringkasan duduk masalahnya, dan apa yang sudah ibu lakukan. Kirimkan kepada Menteri ATR/BPN. Mohon juga di WA ke nomor saya. Terima kasih," sambung Sofyan A Djalil.

"Saya sudah kirim ditujukan Bapak Dirjen, Agus Wijayanto. Tapi kemarin saya cek sepertinya belum beliau baca. Nanti saya kirim kembali ditujukkan kepada Bapak Menteri. Siap pak, saya akan lengkapi data yang saya miliki, segera saya kirim," balas Sita B Lopa.

Jeritan keluarga Baharuddin Lopa yang sedang tertimpa kasus mafia tanah mendapat respons dari sejumlah netizen yang merasa prihatin.

"Beliau Bapak Baharuddin Lopa (Alm) seorang pejabat yang setahu saya tegak lurus dan memberi rasa keadilan di masyarakat, ayo bang para pejuang keadilan beliau dibantu," tulis Herry Jambul Wanen @herryjambul.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0875 seconds (0.1#10.140)