Rayakan 4 Dekade Hubungan Bilateral, KSAU-CAF RSAF Komitmen Jaga Stabilitas Keamanan

Rabu, 13 Oktober 2021 - 00:13 WIB
loading...
Rayakan 4 Dekade Hubungan Bilateral, KSAU-CAF RSAF Komitmen Jaga Stabilitas Keamanan
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo berkomitmen menjaga stabilitas keamanan di kawasan saat perayaan 4 dekade hubungan bilateral. Foto/Dispenau
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Chief of Air Force Republic of Singapore Air Force (CAF RSAF) Major General Kelvin Khong Boon Leong berkomitmen menjaga stabilitas keamanan di kawasan.

Hal itu dituangkan dalam deklarasi bersama saat perayaan ke-40 tahun hubungan bilateral TNI AU dan RSAF yang ditandatangani secara virtual dari pangkalan udara kedua negara yakni, KSAU bertempat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru sedangkan CAF RSAF di Tengah Air Force Base, Singapura, Selasa (12/10/2021).

Kedua pucuk pimpinan angkatan udara ini sepakat, melanjutkan dan meningkatkan berbagai kerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral yang didasarkan pada prinsip saling pengertian, rasa hormat dan kepercayaan. Sejumlah poin penting pada deklarasi bersama tersebut berisi tentang komitmen kedua angkatan udara antara lain, meningkatkan perdamaian dan keamanan di kawasan, interaksi kepemimpinan, membangun interoperabilitas melalui latihan bersama dan pelaksanaan kursus serta pelatihan.

Selain itu kedua angkatan udara juga berkomitmen melanjutkan dan meningkatkan pertukaran ahli dan personel, memerangi ancaman asimetris seperti terorisme dan membawa hubungan kerja sama militer bilateral kedua belah pihak pada tingkat yang lebih tinggi.

KSAU mengatakan, selama empat dekade terakhir kedua angkatan udara telah banyak menghasilkan kerja sama yang sukses dan bermanfaat seperti latihan bersama, program pendidikan, pertukaran profesional, dan dialog. “Bahkan di tengah pandemi Covid-19, angkatan udara kita terus mencari metode dan pendekatan baru untuk menjaga hubungan yang solid antar angkatan udara,” ungkapnya.

KSAU juga menyampaikan komitmen TNI AU yang menempatkan Angkatan Udara Republik Singapura sebagai mitra strategis di kawasan untuk lebih menjaga stabilitas dan kemakmuran di tahun-tahun mendatang.

Sementara CAF RSAF Major General Kelvin khong Boon Leong menyampaikan, Latihan Elang Indopura memiliki sejarah panjang sejak terlaksananya pada 1980, dan terus memberikan kesempatan yang sangat berharga bagi angkatan udara kedua negara untuk saling berinterkasi dan belajar. CAF RSAF juga menyampaikan rasa senangnya saat pertemuan di udara atau “meet in the air” dengan KSAU yang dilaksanakan sebelum perayaan 40 tahun hubungan bilateral tersebut.

“Saya sangat senang bertemu Marsekal Fadjar di udara, dan melaksanakan flypast Bersama. Hal ini adalah suatu hal yang berbeda dari pertemuan virtual yang biasa kita lakukan, dan cara yang sangat berkesan dalam rangka memperingati tonggak sejarah yang sangat luar bisa dengan kawan dari Indonesia,” ungkapnya.

Adapun Latma TNI AU-RSAF dengan sandi Elang Indopura XXI/21 pada tahun ini, melibatkan 6 pesawat F-16 Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan 6 pesawat F-16 Squadron 143 Tengah AFB Singapura. Latihan yang berlangsung dari 11-14 Oktober 2021 ini, dilaksanakan di wilayah Military Training Area (MTA) Pekanbaru, Riau.

Selama latihan, para penerbang tempur kedua angkatan udara melaksanakan air maneuver exercise dengan materi basic fighter maneuver dan air combat maneuver. Latihan bersama ini, bertujuan meningkatkan kemampuan para penerbang tempur kedua negara dalam melaksanakan taktik pertempuran di udara. Selain itu, untuk melatih kemampuan skadron tempur kedua negara dalam melaksanakan operasi bersama di masa yang akan datang, serta meningkatkan kerja sama dan mempererat hubungan bilateral antara TNI AU dengan RSAF.

Turut hadir mendampingi KSAU saat perayaan ke-40 hubungan bilateral TNI AU-RSAF ini di antaranya Asrena KSAU, Asintel KSAU, Asops KSAU, Aslog KSAU dan Pangkoopsau I, Wakapuslaiklambangjaau, Kadisopslatau, Kadisaeroau, Kadiskomlekau, Kadispenau dan Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, serta Atase Pertahanan Udara RI untuk Singapura.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)