Hari Museum Indonesia Diperingati 12 Oktober, Begini Sejarahnya

Selasa, 12 Oktober 2021 - 21:33 WIB
loading...
Hari Museum Indonesia Diperingati 12 Oktober, Begini Sejarahnya
Hari Museum Indonesia diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Foto/Tangkapan layar Instagram @kemdikbud.ri
A A A
JAKARTA - Hari Museum Indonesia diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Penetapan 12 Oktober sebagai Hari Museum Indonesia ini melalui perjalanan panjang.

Sejumlah akun Instagram museum di Indonesia hari ini kompak mengunggah ucapan Selamat Hari Museum Indonesia. Ya, 12 Oktober ini memang diperingati sebagai Hari Museum Indonesia.

"Selamat Hari Museum Indonesia, #SahabatMunasprok!" demikian dikutip dari akun Instagram @munasprok.

Akun Instagram ini juga mengunggah sejarah singkat tentang penetapan 12 Oktober sebagai Hari Museum Indonesia.

"Sejak 2015, para pemerhati permuseuman Indonesia menyepakati 12 Oktober sebagai Hari Museum Indonesia. Penetapan tersebut berdasarkan fakta historis yaitu pelaksanaan Musyawarah Museum Indonesia (MMI) pertama di Yogyakarta, 12-14 Oktober 1962."

Senada, akun Instagram @museumnasionalindonesia juga mengunggah ucap "Selamat Hari Museum Indonesia".

Dituliskan pula tentang sejarah Hari Museum Indonesia. "Hari Museum Indonesia ditetapkan berdasarkan penyelenggaraan Musyawarah Museum se-Indonesia ke-1 yang digelar pada 12 hingga 14 Oktober 1962 di Yogyakarta? Hari Museum Indonesia kemudian ditetapkan pada 12 Oktober sejak tahun 2015. Pendeklarasian Hari Museum Indonesia dilakukan di Malang, 26 Mei 2015, bertepatan dengan kegiatan tahunan Pertemuan Nasional Museum".



Akun @kemdikbud.ri pun mengunggah perihal Hari Museum Indonesia ini. Di akun tersebut dituliskan bahwa "Bersama Museum Membangun Bangsa" menjadi tema Hari Museum Indonesia pada tahun ini.

Dikutip dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, penentuan tanggal Hari Museum Indonesia ini sebenarnya melalui jalan yang sangat panjang dari serangkaian diskusi yang dimulai sejak Mei 2010. Kala itu, diselenggarakan Seminar Hari Museum Indonesia di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta. Dalam prosesnya, tanggal 12 Oktober dipilih karena hari tersebut diselenggarakannya Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 1962.

Sebelumnya, Indonesia tidak memiliki Hari Museum Nasional, hanya ikut memperingati Hari Museum Internasional yang jatuh pada 18 Mei.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)