Dukung Parpol Baru, Demokrat: Jangan Seperti Sebelah, Ambil Partai yang Eksis

loading...
Dukung Parpol Baru, Demokrat: Jangan Seperti Sebelah, Ambil Partai yang Eksis
Hinca Pandjaitan menyindir Moeldoko yang dianggapnya ingin mengambil alih Partai Demokrat. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyambut baik kehadiran sejumlah partai politik baru dalam rangka mengikuti kontestasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hinca mengaku tak mempersoalkan keberadaan parpol baru tersebut. Sebab, hal itu juga telah dijamin konstitusi, yakni dalam Pasal 28 UUD 1945. Pasal tersebut memberi ruang bagi warga negara untuk berserikat dan berkumpul, termasuk mendirikan partai politik.

"Dari Partai Demokrat, saya ingin mengucapkan selamat datang. Ini cara yang terbaik, jangan kaya tetangga sebelah yang mengambil partai yang sudah ada, ya bikin saja partai kan fair itu," kata Hinca kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Demokrat Sebut Gugatan Kubu Moeldoko lewat Yusril Ikuti Pola Hitler



Anggota Komisi III DPR RI itu menegaskan Partai Demokrat siap berkompetisi dengan siapa pun, parpol mana pun. Dia pun memberikan dukungan kepada parpol baru bisa segera menyelesaikan syarat verifikasi administrasi maupun faktual.

"Nanti kalau sudah lolos dan masuk, nanti kita bertanding secara fair dan seimbang," ujar dia.

Untuk diketahui, ada sejumlah parpol baru yang belum lama ini dideklarasikan untuk mengikuti Pemilu 2024 mendatang, mulai Partai Masyumi reborn, Partai Gelora, Partai Ummat, hingga partai buruh.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top