Risma Marah-marah Lagi, Ini Daftar Aksinya Sejak 2014

Minggu, 03 Oktober 2021 - 14:38 WIB
loading...
Risma Marah-marah Lagi, Ini Daftar Aksinya Sejak 2014
Mensos Risma dikenal kerap meluapkan kemarahan sejak masih menjabat wali Kota Surabaya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Dalam sebuah video belum lama ini, Menteri Sosial Tri Rasmaharini memarahi seorang warga yang menjadi petugas pendamping Program Keluarga Harapan ( PKH ) di Gorontalo. Kemarahannya dipicu perbedaan laporan antara PKH setempat dengan data pejabat Kemensos.

Keterangan petugas bahwa data kelompok penerima manfaat PKH di tangannya sebagian dicoret pusat dibantah pejabat Kemensos yang hadir. Risma langsung emosi. “Jadi bukan kita coret, ya. Kamu tak tembak kamu ya," kata Risma sambil berjalan mendatangi petugas PKH tersebut.

Pegawai lain sempat bersorak hingga akhirnya suasana menjadi hening saat tahu Risma ternyata benar-benar marah. “Data-data itu yang sering jadi fitnah. Itu saya yang kena, tahu nggak. DTKS dicoret, saya tidak pernah nyoret, semua daerah kita tambah, ngapain aku nyoret," ujar Risma dalam rekaman video tersebut.



Ini bukan kali pertama Risma meluapkan kemarahan sebagai pejabat publik. Sebelum menjadi menteri, Risma sudah menyita perhatian publik lantara saking kerapnya marah-marah. Yang dimarahi bisa siapa saja. Berikut peristiwa kemarahan Risma yang dirangkum SINDOnews:

Mei 2014
Risma menghebohkan ketika marah-marah di Taman Bungkul, Kota Surabaya lantaran rumput dan tanaman rusak terinjak setelah ada kegiatan yang melibatkan banyak pengunjung pada 11 Mei 2014. Taman rusak karena pengunjung berebut es krim gratis.
Sebagai wali kota Surabaya, Risma merasa tak terima taman yang dibangunnya rusak. "Lihat itu rusak semua. Sekian puluh tahun kami bikin itu, ngerti ndak. Itu semua uang rakyat," kata Risma, kepada panitia penyelenggara.

September 2016
Risma meluapkan kkemarahan saat sidak di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya pada September 2016 silam. Ini terjadi ketika mendapati pengurusan e-KTP bermasalah.
"Panggil ahli IT. Masa kerja pakai software begini, enggak professional. Kamu ngerti nggak," kata Risma pada anak buahnya.



Oktober 2017
Sebuah video kemarahan Risma kepada seorang aparatur sipil negara (ASN) beredar di media sosial pada Oktober 2017. "Jangan ketawa, sini kamu," kata Risma, sembari menunjuk ASN tersebut.
Februari 2018
Risma memarahi Camat Tandes Kota Surabaya setelah mendapat sang camat tidak berada di tempat dan kantor kecamatan tersebut kotor. “Liat itu, liat kantormu itu, sudah tak bersihkan!" kata Risma memarahi si camat.

Mei 2020
Tak lama menjelang penunjukannya sebagai menteri, Risma masih sempat meluapkan kemarahan di depan khalayak gara-gara mobil PCR. Risma merasa mobil bantuan BNPB tersebut diserobot Gugus Tugas Pemprov Jawa Timur. Dia pun seketika menelpon BNPB, sampai-sampai tubunya gemetar.
"Enggak bisa kerja, siapa yang enggak bisa kerja? Kalau ngawur nyerobot itu siapa yang enggak bisa kerja," ujar Risma saat berbicara melalui telepon genggamnya.

Juli 2021
Risa memarah ASN anak buahnya dan mengancam akan memindahkannya ke Papua karena dianggap tidak becus bekerja karena tak ikut membantu memasak di dapur umum di Balai Wyataguna Bandung, Selasa (13/7/2021).
"Sekarang saya nggak mau lihat seperti ini, kalau saya lihat lagi, saya pindahkan ke Papua, saya nggak bisa mecat kalau nggak ada salah, tapi saya bisa pindahkan ke Papua sana teman-teman," kata dia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)