Novel Baswedan Berhenti dari KPK, Aktivis IMM Gelar Aksi di Depan Istana

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 00:40 WIB
loading...
Novel Baswedan Berhenti dari KPK, Aktivis IMM Gelar Aksi di Depan Istana
Keputusan mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan yang berhenti sebagai pegawai di lembaga antirasuah itu mendapat sorotan sejumlah kalangan. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Keputusan mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan yang berhenti sebagai pegawai di lembaga antirasuah itu mendapat sorotan sejumlah kalangan. Tak terkecuali aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Melalui IMM Cabang Cirendeu, ratusan mahasiswa itu menyampaikan aspirasinya ihwal undur diri Novel Baswedan dan puluhan pegawai KPK lainnya kepada Presiden Joko Widodo ( Jokowi ). Aspirasi disampaikan lewat aksi demonstrasi di depan Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/10/2021) sore.

Ketua Umum IMM Cabang Cirendeu Dicky Mulya Ramadhani sekaligus koordinator aksi berharap Presiden Jokowi bisa memperkuat posisi KPK. Dia khawatir, dengan berhentinya Novel Baswedan dan puluhan pegawai lainnya, posisi KPK sebagai lembaga independen akan melemah.

“Kami hanya hadir yang tergabung dari IMM cabang Cirendeu dalam rangka ikut serta dalam menjaga nilai-nilai luhur Pancasila dan menolak pemecatan 58 penyidik terbaik KPK, Ini menjelaskan kepada publik akan lemahnya lembaga antirasuah tersebut,” ujar Dicky dalam keterangan pers.



Massa aksi pun menyoroti isu lain yang dinilai perlu ditangani segera oleh Jokowi. Salah satunya yakni Undang-undang ITE. Pemerintah diminta menjalankan regulasi sesuai dengan konstitusi.

Kemudian, penanganan secara tuntas masalah ekonomi, Covid-19 dan pemerataan sarana pendidikan di seluruh Indonesia. Selanjutnya, menuntut pemerintah mewujudkan reformasi agraria. Selanjutnya, menuntut pemerintah menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam menjalankan roda pemerintahan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)