Menag Minta Jajarannya Tak Alergi Kritik dan Saran

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 22:45 WIB
loading...
Menag Minta Jajarannya Tak Alergi Kritik dan Saran
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta para pejabat Kementerian Agama tidak anti terhadap kritikan dan saran. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Agama ( Menag ) Yaqut Cholil Qoumas meminta para pejabat Kementerian Agama (Kemenag) tidak anti terhadap kritikan dan saran. Dia menilai saran atau kritik diperlukan bagi perbaikan dan kemajuan organisasi.

“Sebagai pimpinan, saudara-saudara akan terselamatkan dari kesalahan dan kekeliruan karena mendengarkan saran dan kritikan, bukan karena sanjungan dan pujian," kata Yaqut saat melantik empat pejabat eselon I dan pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di lingkungan Kemenag, dikutip dari laman resmi Kemenag, Jumat (1/10/2021).

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung dengan protokol kesehatan secara ketat di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin Jakarta. Kepada pejabat yang dilantik, dia mengajak untuk meluruskan niat sebelum memangku jabatan dan tidak sombong. Sehingga, siapa pun tidak segan memberi masukan, saran, atau kritik.



Dia berharap promosi dan mutasi pejabat struktural birokrasi dan pimpinan perguruan tinggi keagamaanmembawa perubahan, perbaikan, dan penyempurnaan dalam tata kelola organisasi maupun program yang dilaksanakan, bukan sekadar direncanakan. Dia mengatakan, satu program yang dilaksanakan lebih baik daripada seribu program yang hanya dibicarakan.

“Saudara-saudara diharapkan segera menyesuaikan diri dengan medan tugas yang baru, memahami lingkup ekosistem organisasi dan mencermati segala tantangan yang pasti berbeda daripada medan tugas saudara-saudara di tempat sebelumnya," katanya.

Selain itu, kata dia, kecerdasan mengelola birokrasi harus dimiliki oleh setiap pimpinan. “Oleh karena itu, saudara-saudara harus membangun interaksi positif dan kerja sama yang harmonis dengan bawahan dan staf sebagai mitra kerja sehari-hari," pungkasnya.

Berikut Empat Pejabat Eselon I yang dilantik:
1. Hilman Latief sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU)
2. Muhammad Aqil Irham sebagai Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH)
3. A.M. Adiyarto Sumardjono sebagai Staf Ahli Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi
4. Abu Rokhmad sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM.

Daftar Enam Rektor UIN yang dilantik:
1. Prof Dr H Sagaf S Pettalong sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah (dilantik via zoom).
2.Babun Suharto sebagai Rektor Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember
3.Maftukhin sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU)
4. M. IIyasin sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
5 Muh. Rokib sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Profesor Kiai Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto
6. Mudhofir sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)