Mobilitas di Jabar, Banten, Jateng, dan Jatim Lampaui Sebelum Pandemi

Rabu, 29 September 2021 - 20:43 WIB
loading...
Mobilitas di Jabar, Banten, Jateng, dan Jatim Lampaui Sebelum Pandemi
Mobilitas di sejumlah provinsi meningkat seiring menurunnya kasus Covid-19 di Tanah Air. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan mobilitas penduduk di seluruh provinsi mengalami peningkatan. Situasi ini diketahui dari pemantauan menggunakan data Google Mobility.

"Kami melakukan pemantauan pergerakan masyarakat menggunakan berbagai pendekatan, salah satunya adalah menggunakan data Google Mobility," kata Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual, Rabu (29/9/2021).

Menurut Nadia, beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami peningkatan pergerakan warga, bahkan melampaui sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: Luhut Kasih Peringatan Saat Mobilitas Mulai Meningkat Seiring Pelonggaran PPKM

Ia mengingatkan bahwa peningkatan mobilitas tanpa protokol kesehatan ketat berpotensi menimbulkan gelombang kasus Covid-19 yang lebih besar. "Tentunya hal ini menjadi perhatian kita semua, di mana kita pernah mengalami gelombang kasus yang sangat besar pada beberapa waktu yang lalu," katanya.

Untuk mencegah terjadinya gelombang ketigas, Kemenkes mendorong peningkatan cakupan vaksinasi, mematuhi protokol kesehatan, dan bekerja sama dengan petugas di lapangan untuk upaya pelacakan kontak karantina dan isolasi.

"Hal ini tidak lain adalah upaya kita untuk memutuskan rantai penularan Covid-19. Ingat setiap peningkatan mobilitas harus diiringi dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Nadia.

Baca juga: 3 Kabupaten di Jawa Ini Tetap Harus Perketat Mobilitas Masyarakat
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)