Bersama Perangi Corona, 10 Rumah Aman Ciptakan Kemandirian Warga

Selasa, 21 April 2020 - 20:02 WIB
loading...
A A A
Adapun Sambel Pecel memiliki beragam varian. Bahan bakunya pun simpel, seperti kacang tanah yang goreng, gula, garam, dan air asam jawa. Ada juga bawang putih, cabai, kencur, juga daun jeruk. Untuk menikmatinya, Sambal Pecel biasanya diguyurkan dalam aneka sayuran. Komposisinya, Tauge, Kacang Panjang, Mentimun, Kemangi, Bayam, Kuncup Bunga Turi, Kubis, Kangkung, Labu Siam, dan Kenikir.

"Kami berharap warga terus mengonsumsi makanan sehat. Kuliner olahan tersebut tentu bebas bahan pengawet. Beragam jenis sayuran itu bagus untuk tubuh dan menyehatkan. Saat ini Madumongso juga Sambal Pecel cukup untuk 2 pekan ke depan. Bisa untuk persediaan makanan di Bulan Ramadhan," ujar Zainal lagi.

Selain Madumongso dan Sambal Pecel, warga RT.008/RW.04 Balekambang juga siap mengembangkan produk kuliner olahan lainnya. Sebut saja Tahu Bakso, Singkong Gurih, Serundeng, Teri Balado, Sambal Terasi, Sambal Bawang Kemasan, dan lainnya. Zainal pun menambahkan, warga akan mengembangkan beragam produk tersebut berbasis UKM.

"Didorong program 10 Rumah Aman, pandemi Covid-19 telah memunculkan banyak ide kreatif. Selain ‘program’ Madumongso dan Sambal Pecel yang sudah digulirkan, saat ini ada banyak produk kuliner yang siap dicoba. Jumlahnya sementara ada sekitar 6 produk dan itu pasti akan bertambah. Yang jelas, pelatihan cara membuatnya nanti akan diberikan," lanjut Zainal.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)