Kasus Corona Melandai, Ada Secercah Harapan Indonesia Bangkit dari Pandemi

Selasa, 28 September 2021 - 14:14 WIB
loading...
Kasus Corona Melandai, Ada Secercah Harapan Indonesia Bangkit dari Pandemi
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melihat, ada peluang bagi sektor parekraf untuk kembali tumbuh menyusul melandainya kasus pandemi virus Corona (Covid-19). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melihat, ada peluang bagi parekraf untuk kembali tumbuh menyusul melandainya kasus pandemi virus Corona (Covid-19).



"Ada secercah harapan di tengah melandainya Covid-19, kita bisa membuka kelangsungan usaha dan kembali menggiatkan lapangan kerja yang terbuka seluas-luasnya untuk masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (28/9/2021).

Mantan Wagub DKI Jakarta ini menjelaskan, saat ini pihaknya telah meningkatkan jumlah daerah wisata yang menerapkan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability atau CHSE.

Dari sisi vaksinasi Covid-19, saat ini Indonesia sudah masuk dalam 6 besar negara yang melakukan vaksinasi Covid-19. "Persentase jumlah penduduk tervaksinasi menunjukkan angka yang cukup menggembirakan. Kita terus genjot sesuai arahan Presiden," jelasnya.

"Di masa pemulihan ini, kita juga membuka kelangsungan usaha dan kembali meningkatkan lapangan kerja seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Mas Menteri ini mengatakan, dengan pemulihan ekonomi saat ini, diharapkan parekraf perlahan bisa bangkit. Salah satu kebijakan yang akan diambil pemerintah yaitu membuka kembali pariwisata Bali yang diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara.

Sandiaga juga berharap, lewat pembukaan pariwisata, tenaga kerja pariwisata bisa kembali tumbuh. Demikian juga dengan ekosistem parekraf.

"Kita bisa memberikan sinyal confidence, di bulan selanjutnya mudah-mudahan Bali bisa dibuka dan kembali menggerakkan wisatawan nusantara yang menjadi andalan kita. Sehingga total 34 juta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif bisa kita capai," tuturnya.

Selain itu, ia juga ingin 50 destinasi wisata dalam program Desa Wisata akan menjadi inspirasi bagi kebangkitan parekraf. Dia juga menargetkan 30 juta UMKM bisa terdigitalisasi.

"Saya harapkan, ekosistem parekraf bisa menyentuk UMKM, karena 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh UMKM. Inilah semangat kita bersama dan mudah-mudahan dengan rakornas ini kita bersatu padu memperluas daya saing dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," tutup Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2929 seconds (0.1#10.140)