Faldo Maldini Respons soal Survei Pelaksanaan Demokrasi

Senin, 27 September 2021 - 18:02 WIB
loading...
Faldo Maldini Respons soal Survei Pelaksanaan Demokrasi
Temuan Indikator Politik Indonesia menjadi perhatian pemerintah. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Meningkatnya tren ketidakpuasan masyarakat pada pelaksanaan demokrasi yang diungkapkan Indikator Politik Indonesia mendapat tanggapan dari Istana Kepresidenan. Temuan Indikator Politik Indonesia itu menjadi perhatian pemerintah.

“Tentunya, tren penilaian terhadap demokrasi tentu menjadi perhatian,” kata Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini , Senin (27/9/2021).

Namun, dia menegaskan bahwa Indonesia merupakan penjaga demokrasi terbesar di Asia, khususnya Asia Tenggara. Faldo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) juga tidak antikritik.

“Bahkan, Presiden sendiri menegur aparat yang mengekang kebebasan berekspresi, orang protes diundang ke istana,” ungkapnya.



Menurutnya, komitmen penegakkan demokrasi secara kualitatif terus dikerjakan. Namun terkait tingkat kepuasan dipengaruhi oleh berbagai hal yang kompleks.

“Secara kualitatif tentu sudah bekerja untuk menunjukkan komitmen. Namun soal kepuasan, tentu faktor yang mempengaruhinya sangat kompleks,” pungkasnya.

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia merilis hasil surveinya yang salah satunya berkaitan dengan tingkat kepuasan pelaksanaan demokrasi. Dari survei tersebut, disebutkan bahwa sebanyak 47,6% merasa puas dengan pelaksanaan demokrasi.

Sementara yang kurang/tidak puas sama sekali 44,1%. Ketidakpuasan ini mengalami peningkatan dibandingkan pada survei April lalu sebesar 32,1%.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)