Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Rabu, 22 September 2021 - 05:41 WIB
loading...
Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia
Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia amat penting. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia amat penting. Ya, nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia ini meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara hingga kini.

Agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman, nilai-nilai Pancasila sangat perlu dikembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Melansir dari buku tematik terpadu kurikulum 2013 siswa kelas V SD/MI, berikut arti Pancasila bagi bangsa Indonesia:

Ketuhanan Yang Maha Esa
Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama antarpenduduk yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia dan persamaan hak. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersama-sama akan mampu menegakkan dan juga memelihara kebersamaan. Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.

Persatuan Indonesia
Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Dengan menerapkan sikap cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut hendaknya digunakan secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Selain itu, warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama. Penerapan dalam sikap sehari-hari adalah dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain serta mengutamakan budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan diliputi oleh semangat kekeluargaan.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Bangsa Indonesia
Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan menghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan. Di samping itu, harus dikembangkan pula sikap adil terhadap sesama, menghormati hak orang lain serta menolong dan menghargai orang lain.



Sementara itu, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo menjelaskan bahwa Pancasila sangat penting menjaga keutuhan Republik ini. “Tanpa Pancasila, negara bisa terpecah belah dan terdiri negara kecil,” katanya kepada SINDOnews, Selasa (21/9/2021).

Romo Benny mengatakan Pancasila bisa menyatukan perbedaan suku, agama, etnis, dan budaya. “Ini harus kita syukuri sebagai bangsa. Tanpa Pancasila, negara tidak bisa hidup rukun dan damai,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)