Ketua MPR Minta Pasukan Elite Dikerahkan Tumpas KKB, Mahfud: Kami Sudah Olah Usulan Tersebut

Selasa, 21 September 2021 - 00:34 WIB
loading...
Ketua MPR Minta Pasukan Elite Dikerahkan Tumpas KKB, Mahfud: Kami Sudah Olah Usulan Tersebut
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut usulan yang disampaikan Bamsoet sangatlah penting. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah bertindak tegas dengan menurunkan pasukan elite mulai dari Kopassus hingga Denjaka guna memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Aksi KKB dinilai pria yang biasa disapa Bamsoet itu telah keterlaluan.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut usulan yang disampaikan Bamsoet sangatlah penting. Menurut Mahfud, Bamsoet adalah sosok yang sering mengambil sikap tegas terhadap keganasan KKB.

"Suara Ketua MPR Bambang Soesetyo tentu penting bagi rakyat dan pemerintah. Saat menjadi Ketua DPR pada tahun 2019 Pak Bamsoet juga yang lantang menyuarakan agar kita mengkategorikan KKB di Papua sebagai kelompok teroris," ujar Mahfud kepada wartawan, Senin (20/9/2021).

Oleh sebab itu, sambung Mahfud, pemerintah bersama TNI-Polri sudah mengolah usulan tersebut. Mahfud menilai apa yang dilakukan pun sudah amat terukur.

"Kami pemerintah bersama TNI-Polri sudah mengolah semua usulan dan melakukan langkah-langkah secara terukur," katanya.

Dirinya meminta agar seluruh pihak mendukung lantkah TNI-Polri untuk memberantas KKB. Menurut eks Menteri Pertahanan ini, TNI-Polri memiliki strategi dan taktik tersendiri dalam menghadapi para KKB.

"Mohon dukungan semua pihak untuk pilihan strategi dan taktik dilakukan TNI dan Polri untuk NKRI," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan sudah waktunya negara menindak tegas teroris KKB di Papua dengan menurunkan seluruh matra kekuatan yang dimiliki. Baca juga: DPR Minta Kejelasan Langkah Pemerintah Tangani Kekerasan KKB ke Nakes Papua

"Tidak boleh ada lagi toleransi terhadap teroris KKB untuk melakukan aksi kejahatan yang meresahkan masyarakat serta mengakibatkan korban jiwa," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Minggu (19/9/2021).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)