DPR Ungkap Dua Calon Kuat Panglima TNI Pengganti Hadi Tjahjanto

Senin, 20 September 2021 - 06:01 WIB
loading...
DPR Ungkap Dua Calon Kuat Panglima TNI Pengganti Hadi Tjahjanto
Presiden Joko Widodo akan segera mengajukan nama calon kuat Panglima TNI kepada DPR untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
Presiden Joko Widodo akan segera mengajukan nama calon kuat Panglima TNI kepada DPR untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Anggota Komisi I DPR Rudianto Tjen mengatakan, seluruh Kepala Staf TNI dari tiga matra memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi panglima.

Namun berdasarkan amanat Undang-Undang TNI, seyogianya yang saat ini dipilih menjadi Panglima harus bergiliran dari matra lainnya. Diketahui Marsekal Hadi berasal dari matra Angkatan Utara (AU).



"Sesuai dengan UU TNI, calon Panglima adalah kepala staf Darat, Laut, dan Udara. Siapa yang dipilih adalah hak prerogatif Presiden. Tetapi UU mengamatkan sebaiknya bergiliran," ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (20/9/2021).

Jika memang jabatan Panglima TNI mesti diisi secara bergiliran, maka ada dua matra yang berpeluang menempati posisi itu, yakni KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Terkait sosok jenderal tersebut, Rudianto mengatakan keduanya merupakan pemimpin yang sangat baik. Keduanya disebut punya peluang yang sama untuk menempati posisi Panglima TNI.


"Beliau (Yudo dan Andika) berdua adalah jendral yang sangat baik, punya track record yang luar biasa, sama-sama punya peluang untk menjadi Panglima," jelas Rudianto.

Namun demikian, hingga kini Presiden Jokowi belum menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait calon Panglima TNI ke DPR. Padahal sebentar lagi atau awal Oktober anggota Dewan telah memasuki masa reses. Karena itu, Senayan berharap Istana segera mengirim Surpres tersebut agar bisa diproses pada masa sidang kali ini.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)