Ziarah ke Makam Gus Dur, Moeldoko: Beliau Bapak Demokrasi dan Toleransi

loading...
Ziarah ke Makam Gus Dur, Moeldoko: Beliau Bapak Demokrasi dan Toleransi
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid di Pondok Pesantren Tebuireng. Foto/Ist
JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Jombang Jawa Timur, Jumat (17/9/2021).

Dalam kunjungannya tersebut Moeldoko yang didampingi Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Rumadi Ahmad, menyempatkan diri berziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid di Pondok Pesantren Tebuireng.

Bersama pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz, mantan Panglima TNI itu melakukan doa bersama serta tabur bunga. "Gus Dur adalah Bapak Demokrasi, Bapak Perdamaian dan Toleransi. Sudah sepatutnya kita meneladani dan meneruskan perjuangan beliau," tutur Moeldoko, Jumat (17/9/2021). Baca juga: Demokrat Moeldoko Sebut Penilaian Kubu AHY Soal Barang Bukti Terlalu Prematur

Moeldoko menyebut, di tengah ancaman intoleransi saat ini, sudah sepatutnya pemimpin bangsa mengambil pelajaran dari apa yang sudah ditanamkan oleh para pendahulu. Salah satunya, Gus Dur. "Kita sudah melihat bagaimana Gus Dur dulu sangat menjunjung perdamaian dan bisa menyatukan keberagaman. Semangat itu harus dijaga, jangan sampai dirusak oleh munculnya paham-paham baru," ungkapnya. Baca juga: Makam Gus Dur dan 9 Fakta Uniknya Jadi Destinasi Peziarah



Selain berziarah ke makam Gus Dur, Moeldoko mengunjungi sekolahnya yaitu SMAN 2 Jombang. Di sana, Moeldoko menyempatkan diri untuk bernostalgia bertemu dengan guru dan teman-teman seangkatannya. Moeldoko juga memberikan motivasi pada siswa. "Impian itu harus diraih, jangan takut untuk menggapai impian kalian. Tidak ada yang tidak mungkin. Saya saja bisa, harusnya kalian juga bisa," kata Moeldoko.

Moeldoko juga mengapresiasi pihak sekolah yang telah menjalankan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebab, jangan sampai kasus Covid-19 naik lagi. "Saya harap prokes tetap dijalankan dalam pembelajaran tatap muka. Jangan sampai Covid-19 naik lagi, nanti kalian sekolah dari rumah terus, dan jadi generasi gedget," ujarnya.

Di akhir kunjungan kerjanya, Moeldoko juga memantau langsung pelaksanaan vaksin Covid-19, di Gedung Serba Guna Moeldoko Center. Menurut dia, dengan sudah divaksin bukan berarti abai terhadap Prokes. "Kalau sudah vaksin pertama, nanti jangan lupa vaksin keduanya. Biar Covid-19 cepat hilang," pungkasnya.
(cip)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top