Satgas Sebut Ada 2 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kenaikan Kasus Covid-19

loading...
Satgas Sebut Ada 2 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kenaikan Kasus Covid-19
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan tidak hanya varian Delta yang menyebabkan kenaikan kasus Covid-19 di Tanah Air. Foto/BNPB
JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 , Wiku Adisasmito mengatakan tidak hanya varian Delta yang menyebabkan kenaikan kasus Covid-19 di Tanah Air . Wiku pun mengungkapkan ada dua pelajaran yang bisa diambil meskipun kini angka kasus terus mengalami penurunan.

“Terdapat dua pelajaran pertama yang harus menjadi catatan kita pertama kunci mempertahankan penurunan kasus ini adalah dengan sungguh-sungguh menjaga protokol kesehatan seiring dengan pembukaan aktivitas sosial ekonomi masyarakat,” ujar Wiku saat konferensi pers secara virtual, Selasa (14/9/2021). Baca juga: Satgas: PPKM Akan Terus Diberlakukan Menyesuaikan Perkembangan Covid-19 yang Dinamis

Wiku mengatakan mutasi dari varian Delta memang terbukti menular. “Varian mutasi seperti Delta memang terbukti lebih cepat menular akan tetapi kasus di India di mana varian Delta muncul sejak Oktober 2020, namun kasus melonjak di bulan April 2021. Di Indonesia dimana varian Delta ditemukan sejak bulan Januari namun kasus melonjak Juli.”

“Jelas terlihat bahwa lonjakan kasus terjadi bukan semata-mata akibat dari varian Delta tetapi akibat aktivitas sosial ekonomi masyarakat yang tidak diimbangi dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat,” imbuh Wiku.



Wiku melanjutkan apabila masyarakat mampu membatasi aktivitas sosial dan ekonomi, dampak dari mutasi varian tidak akan menyebabkan lonjakan kasus yang terlalu signifikan.

“Kedua, dengan melihat pola lonjakan di Indonesia berselang 3 bulan dari lonjakan di dunia serta India, Malaysia dan Jepang, maka kita harus waspada dan tetap disiplin protokol kesehatan agar kita tidak menyusul third wave atau lonjakan ketiga dalam beberapa bulan ke depan,” paparnya. Baca juga: Satgas: Kasus Covid-19 di RI Terus Melandai di Tengah Gelombang Ketiga Dunia

Dia pun mengajak agar terus belajar dari negara lain dalam mengatasi agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 lagi. “Kita dapat belajar dari India mengingat kasus di negara ini telah mendatar selama dua setengah bulan terakhir meski sempat mengalami kenaikan signifikan.”
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top