2024 Pertarungan Capres dari Klaster Ketua Partai Dinilai Paling Berpeluang

loading...
2024 Pertarungan Capres dari Klaster Ketua Partai Dinilai Paling Berpeluang
Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, bahwa ada beberapa klaster pertarungan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) 2024. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, ada beberapa klaster pertarungan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) 2024 . Ada klaster Ketua Umum Partai, klaster Menteri, klaster Kepala Daerah, klaster pengusaha, dan klaster ulama.

Baca juga: Muhammadiyah Dorong Pemilu 2024 Jadi Ajang Demokrasi Milik Rakyat

"Memang yang paling berpeluang ketua umum partai, karena dia yang acc untuk pencapresan. Yang lain lain kan meminta rekomendasi ketua umum," kata Ujang Komarudin, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Penetapan Jadwal Pemilu 2024 Molor, Anggaran dan Persiapan Teknis Terdampak



Pada klaster ketua partai, Ujang melihat, ada Airlangga Hartarto, Prabowo, Muhaimin, Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pada klaster Menteri ada Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan ketua partai yang juga merangkap menteri, Airlangga Hartarto, Prabowo, Suharso Manoarfa. Untuk klaster Kepala Daerah, ada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Khofifah.

"Keempat kluster ulama, dulu ada tokoh seperti Hasyim Muzadi, Solahudin Wahid, dan kemarin Kiai Maruf Amin," kata Ujang, kali ini belum ada yang digadang-gadang.

Selain itu dikatakan Ujang, ada klaster pengusaha, dan klaster purnawirawan TNI/Polri. Semua kandidat harus mampu membangun koalisi besar.

"Ketika menang juga akan membangun koalisi gemuk, sehingga bisa mengamankan pemerintah. Sama seperti yang dilakukan Jokowi. Supaya tidak digoyang-goyang oposisi, " jelas Ujang.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top