Wacana 3 Periode Disebut Pernah Muncul di Era SBY

loading...
Wacana 3 Periode Disebut Pernah Muncul di Era SBY
Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Wacana 3 periode dan perpanjangan masa jabatan presiden terus bergulir sejak sebulan lalu, seiring dengan wacana MPR RI untuk mengamendemen Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45) mengenai Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN), isu ini kian menguat dengan bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam koalisi pemerintah.

Baca juga: Wacana Presiden 3 Periode, Fadjroel: Saya Bersaksi Jokowi Taat Konstitusi

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menegaskan, wacana 3 periode ini bertentangan dengan semangat reformasi.

Baca juga: Soal Presiden 3 Periode, Guru Besar UGM Bandingkan Sikap Jokowi dengan Obama



Hal ini disampaikannya dalam diskusi "Presiden Tiga Periode: Antara Manfaat dan Madarat” yang diselenggarakan oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) dan Majelis Hukum dan HAM (MHH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Senin (13/9/2021).

"Sebetulnya apakah ide jabatan presiden 3 periode itu relevan atau signifikan untuk dibahas di MPR? Ide ini menurut saya, ide masa jabatan tiga periode ini jelas bertentangan dengan spritis gerakan reformasi 1998," kata Siti Zuhro.

"Saya memang pegawai negeri sipil, LIPI, tapi kita jalan dari kantor LIPI ke Senayan untuk mengatakan pergantian kepemimpinan nasional karena dianggap sudah sangat luar biasa KKN kita waktu itu dan sebagainya, sehingga kita merasakan nuansa gerakan reformasi tahun 1998," tambahnya.

Perempuan yang akrab disapa Wiwiek ini melanjutkan, salah satu tujuan gerakan reformasi adalah menciptakan sirkulasi kepemimpinan yang terukur dan pasti. Menurutnya, isu ini juga pernah bergulir di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hanya saja wacana itu muncul jelang SBY memasuki periode kedua.

"Saya pernah ditanya, baru muncul keinginan untuk tiga periode beberapa bulan lalu, di salah satu media mainstream dan saya katakan ini muncul lagi model seperti ini dan itu yang munculkan juga ya Mas Benny ketika Pak SBY menuju periode kedua," ungkapnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top