Ini Makna Logo dan Tagline Hari Santri Nasional 2021

Rabu, 08 September 2021 - 21:53 WIB
loading...
Ini Makna Logo dan Tagline Hari Santri Nasional 2021
Ketua Rabithah Maahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Abdul Ghofarozin menjelaskan makna logo dan tagline Hari Santri Nasional (HSN) 2021. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Abdul Ghofarozin menjelaskan makna logo dan tagline Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

"Pada tahun ini kita sudah harus berkembang. Tahun ini, pesantren dan santri sudah harus berpikir lebih ke depan tidak hanya berkutat pada persoalan kesehatan para santri, kiai, dan keluarga. Tapi tahun ini sudah harus berpikir pascapandemi, harus berpikir Indonesia pascakrisis kesehatan dan ekonomi. Kita harus menjadi bagian dalam bangkitkan Indonesia," ujar Gus Rozin di Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Gus Rozin juga menambahkan bahwa logo HSN tahun ini juga merupakan hasil lomba para santri dan pesantren. Pada akhirnya muncul salah satu logo yang bermakna filosofis cukup mendalam. "Logo yang melambangkan air jernih yang memberikan kesejukan dan kesegaran dan menjadi sumber bagi kehidupan baik konteks pribadi, atau konteks sebagai warga negara maupun bangsa," tuturnya.

Logo ini, kata dia, menegaskan santri dan pesantren telah dan terus memberikan kesejukan dan kesegaran bagi kehidupan berbangsa dan bernegara melalui Islam rahmatan lil'alamin. Santri dan pesantren terbukti menjadi kekuatan besar bagi negara mulai dari Resolusi Jihad sampai saat ini.

Lebih lanjut, Gus Rozin menyebut logo yang menyerupai air menetes memiliki arti bahwa santri sumber inspiratif. "Air adalah sumber kehidupan, air yang menetes yang menjadi logo hari santri tahun ini melambangkan bahwa santri sumber inspiratif sekaligus menjadi sumber kehidupan bagi bangsa ini. Taglienya adalah bertumbuh, berdaya, dan berkarya," paparnya.
Sebagai informasi, pada 2017 HSN mempunyai logo dan tagline “Santri Mandiri NKRI Hebat”, kemudian pada 2018 hari santri diperingati dengan apel akbar santri nusantara yang diikuti oleh 70.000 santri yang menunjukkan bahwa kekuatan hari santri itu harus diperhitungkan.

Kemudian, pada 2019 hari santri mengambil tagline “Santri Unggul Indonesia Makmur”. Sedangkan pada 2020 di tengah pandemi yang berkepanjangan tagline yang diusung adalah “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Sebab untuk memperkuat Indonesia secara keseluruhan santri harus sehat.

"Semua logo hari santri lahir dari konteks zaman, konteks pada hari santri itu diperingati dan pesan cita-cita yang hendak dituju. Hampir semua logo yang diciptakan ketika hari santri itu berdasarkan usaha dan kreativitas para santri dan beberapa kita lombakan. Artinya logo hari santri ini berasal dari kreativitas para santri di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU)," tutupnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)