BMKG Prediksi Siklon Tropis Conson dan Chanthu Bergerak Jauhi Indonesia

Rabu, 08 September 2021 - 18:37 WIB
loading...
BMKG Prediksi Siklon Tropis Conson dan Chanthu Bergerak Jauhi Indonesia
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi saat ini siklon tropis Conson dan Chanthu bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memprediksi saat ini siklon tropis Conson dan Chanthu bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga: BMKG
"Kepulauan Filipina, 13.7LU, 121.6BT (sekitar 1230 km sebelah utara barat laut Tahuna). Siklon tropis Conson kini berada di barat laut, dengan kecepatan 6 knots (10 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia," dalam rilis resmi BMKG yang diterima, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Waspada! BMKG Catat 15 Provinsi Berpotensi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

Sementara itu, BMKG juga melaporkan siklon tropis Chanthu saat ini berada di Samudra Pasifik Barat sebelah timur Filipina, 16.0LU, 132.4BT (sekitar 1600 km sebelah Utara Timur Laut Tahuna).

"Arah gerak siklon tropis Chanthu menuju barat, dengan kecepatan 11 knots (20 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia," tulisnya.

Meski kedua siklon tropis ini telah menjauhi Indonesia, namun siklon tropis Conson juga memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa:

- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

- Gelombang laut dengan ketinggian 1.25 - 2.5 meter di Laut Natuna Utara, Perairan Kep Anambas dan Kep Natuna, Perairan Selatan Sulawesi Utara, Perairan Kep Sangihe - Kep Talaud, Laut Maluku, Perairan Kep Sula, Laut Seram.

Kemudian, BMKG juga mengingatkan siklon tropis Chanthu akan memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa:

- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Maluku.

- Gelombang laut dengan ketinggian 1.25 - 2.5 meter di Perairan Selatan Sulawesi Utara, Perairan Kep.Sangihe Talaud, Laut Maluku, Perairan Kep Sula, Laut Seram, Perairan Fakfak - Kaimana, Perairan Sorong, Perairan Manokwari Perairan Utara Biak, dan Perairan Sarmi - Jayapura.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5292 seconds (0.1#10.140)