Ramai-Ramai Akses NIK Jokowi, Menkes Amankan Data Pejabat di Aplikasi Pedulilindungi

Jum'at, 03 September 2021 - 16:12 WIB
loading...
Ramai-Ramai Akses NIK Jokowi, Menkes Amankan Data Pejabat di Aplikasi Pedulilindungi
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan pemerintah telah menutup semua data pejabat terkait informasi dalam aplikasi pedulilindungi. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan ( Menkes ) Budi Gunadi Sadikin memastikan pemerintah telah menutup semua data pejabat terkait informasi dalam aplikasi pedulilindungi . Penutupan ini menyusul ramainya akses terhadap NIK Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digunakan untuk mengakses vaksin pada aplikasi tesebut.

"Bahwa tadi malam kami terinfo, sekarang sudah dirapikan, sehingga data pejabat ditutup," kata Budi saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jumat (3/9/2021).

Budi menambahkan bahwa aplikasi tersebut sebenarnya diperuntukkan sarana warga untuk melakukan pengecekan status vaksinasi atau hasil tes laboratorium.

Baca juga: Diciduk Polisi, Oknum Pegawai Kelurahan Ini Bertugas Bobol Aplikasi PeduliLindungi

"Ini akan kita bangun berbasis teknologi informasi mengatur kehidupan kita sehari-hari dengan pedulilindungi. Ada fungsi pertama screening orang yang sudah divaksin, fungsi kedua melakukan tracing jadi setiap masuk kita tap barcode jadi kita ketahuan ke mana," katanya.

Budi menekankan bukan hanya Presiden, tapi banyak juga pejabat yang NIK-nya disalahgunakan. "Kita menyadari itu kita tutup beberapa pejabat yang data pribadinya sudah terbuka kita akan tutup," katanya.

Baca juga: Penumpang Pesawat Wajib Mengisi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)