Berhasil Tekan Stunting, Enam Bidan Inspiratif Raih Penghargaan

Selasa, 31 Agustus 2021 - 18:16 WIB
loading...
Berhasil Tekan Stunting, Enam Bidan Inspiratif Raih Penghargaan
Enam bidan berhasil meraih penghargaan dalam Program Bidan Inspiratif 2021 yang digelar PT Kimia Farma Tbk. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Enam bidan berhasil meraih penghargaan dalam Program Bidan Inspiratif 2021 yang digelar PT Kimia Farma Tbk. Keenam bidan tersebut dinilai berhasil melakukan gerakan sosial pencegahan stunting pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) bayi.

Kegiatan yang berlangsung selama enam bulan ini, Kimia Farma menggandeng Human Initiative, Kitabisa, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Banten, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Enam bidan dengan program terbaik itu terdiri atas lima pemenang dan satu bidan dengan kisah terinspiratif, yaitu Bidan Ansoriyah melalui program “Membantu Ibu Menjaga 1.000 Hari Pertama Kehidupan Melalui Grup Whatsapp".

Kelima bidan pemenang Program Bidan Inspiratif. Pertama, Beriana, dengan program "Isi Piringku Untuk Ibu Hamil Resti (Resiko Tinggi) dengan Strategi Budikdamber Dalam Menjaga 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) di Masa Pandemi". Kedua, Devi Inggerianie, dengan program "Menjaga 1000 HPK di Masa Pandemi Virus Covid-19".

Ketiga, Supwatul Ma'ani, Amd.Keb, dengan program "LASE PEGAS “Lulus Asi Ekslusif Penggerak Cegah Stunting”. Keempat, Een Nuraeni dengan program "Klinik Pupuk Kompos Ceria". Kelima, Haryani Yuke, dengan program "Hayo Bergabung Bersama Group MOM (Mobile Obstetric Monitoring) Memonitor Kesehatan Ibu Hamil, Persalinan, Nifas, Sampai Melahirkan Bayinya Secara Sehat".

Direktur Umum & Human Capital PT Kimia Farma Tbk, Dharma Syahputra mengatakan, Program Bidan Inspiratif di-launching pada 5 Juli 2020, kemudian pendaftaran pada 25 Juli- 31 Agustus 2020. Selanjutnya, pada 21 Oktober 2020 dipilih dari 1.474 menjadi 15 bidan untuk mengimplementasikan programnya. "Ke 15 bidan itu mengimplementasikan program selama Desember 2020 – Juni 2021. Sebanyak 15 bidan pemilik proposal memperoleh donasi dari Kimia Farma sebesar Rp10 juta per orang guna melaksanakan proyek mereka," katanya, Selasa (31/8/2021) di Jakarta.

Program Bidan Inspiratif, sambungnya, bertujuan untuk mendukung pencegahan stunting atau bayi kurang gizi di Kabupaten Tangerang, Banten. Dia menyebut, sejak pendaftaran pada 25 Juli 2020 akhirya diumumkan lima pemenang dan satu bidan dengan kisah terinspiratif. "Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga ide-ide kreatif para bidan ini bermanfaat bagi ibu hami dan para balita, terutama dalam mencegah stunting sehingga dapat tumbuh sehat dan menjadi generasi berkualitas di masa depan,” urainya.

Menurutnya, pemilihan pemenang Program Bidan Inspiratif didasarkan pada keberhasilan pengimplementasian proposal dan pengembangannya pada rentang waktu Desember 2020 hingga Juni 2021. "Keenam pemenang tersebut memperoleh dana bantuan pendidikan total senilai Rp50 juta. Selain itu, 15 bidan peserta program akan memperoleh bantuan biaya untuk melanjutkan implementasi kegiatan mereka dari dana yang terkumpul hasil penggalangan kitabisa.com yang mencapai Rp132 juta," bebernya.

Sementara itu, CEO Kitabisa Alfatih Timur mengatakan, para bidan ini menjadi garda terdepan dalam menyelamatkan ibu dan bayi saat melahirkan. Bidan dekat sekali dengan masyarakat. "Lewat program Bidan Inspiratif, melahirkan bidan-bidan inspiratif baru di masa depan,” ujar Alfatih Timur.

Vice President of Operations Human Initiative, Andjar Radite, mengatakan, Bidan Inspiratif merupakan program yang menginspirasi dan memotivasi semua pihak, khususnya bidan. “Human Initiative mengucapkan terima kasih kepada Kimia Farma atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas program Bidan Inspiratif di Kabupaten Tangerang yang telah terimplementasi dengan baik," paparnya.

Bidan Ansoryah. Menurutnya, dengan bantuan Kimia Farma, program inovasinya dapat diimplementasikan sehingga berhasil menurunkan angka ibu hamil dengan resiko tinggi di Desa Surya Bahari, Pakuhaji, Tangerang. "Terima kasih kepada Tim Program Bidan Inspiratif karena telah memberikan kesempatan baik ini kepada saya." kata Ansoryah.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2015 seconds (0.1#10.140)