Rapuhnya Soliditas Partai Ummat Bisa Menguntungkan PAN

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 17:29 WIB
loading...
Rapuhnya Soliditas Partai Ummat Bisa Menguntungkan PAN
Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam menilai, rapuhnya fondasi politik Partai Ummat dinilai akan menguntungkan Partai Amanat Nasional (PAN).Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rapuhnya fondasi politik Partai Ummat dinilai akan menguntungkan Partai Amanat Nasional (PAN). Adapun Partai Ummat lahir dari perpecahan PAN.

"Rapuhnya fondasi politik Partai Ummat akan memberikan peluang bagi PAN untuk kembali mengkonsolidasikan bekas sel-sel politiknya yang tercerai berai akibat konflik politik yang berbuah perpecahan internal PAN, hingga melahirkan Partai Ummat," ujar Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam kepada SINDOnews, Sabtu (28/8/2021).

Khoirul menilai mundurnya Agung Mozin dan M Tauhid dari Partai Ummat mengindikasikan kuatnya friksi internal partai yang masih seumur jagung tersebut. "Friksi itu seolah membuka realitas politik internal dimana kepemimpinan yang ada saat ini tidak mampu mengelola faksionalisme di dalamnya," katanya.
Menurut dia, motif faksionalismenya cukup beragam, dan dampak friksi tersebut juga cukup signifikan. "Salah satu indikator utamanya adalah goyahnya simpul politik Sumatera Barat dan Sumatera Utara, sebagai salah satu penyuplai basis pemilih loyal yang cukup besar dari kalangan masyarakat Muhammadiyah," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika situasi tersebut tidak diantisipasi dengan baik, maka faksionalisme bisa merembet ke berbagai lini dan memunculkan konflik internal yang lebih besar.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)