Membaca Peluang PAN Masuk Kabinet, Menteri Profesional Terancam Out

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 07:22 WIB
loading...
Membaca Peluang PAN Masuk Kabinet, Menteri Profesional Terancam Out
Pengamat Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan bahwa meskipun PAN masuk maka jatah partai pendukung tidak akan dikurangi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) ke dalam koalisi pemerintah membuka kemungkinan adanya reshuffle kabinet . Pengamat Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan bahwa meskipun PAN masuk maka jatah partai pendukung tidak akan dikurangi.

“Ada kemungkinan reshuffle. Tapi kursi-kursi menteri yang diisi oleh kader parpol tidak akan diotak-atik. Jatah parpol tidak akan dikurangi,” ujarnya saat dihubungi, Sabtu, (28/8/2021).

Menurutnya, jika Jokowi nantinya mengakomodir PAN di kabinet maka akan diberikan kursi kementerian yang diisi oleh profesional.

“Kalau mengakomodir PAN itu akan ambil jatah dari profesional. Jadi dicek aja kementerian yang diisi oleh profesional kan ada beberapa sekarang. Misalnya Menteri Keuangan, Menteri UMKM, Menteri Perhubungan, Mendikbudristek, Mendagri,” jelasnya.

Namun begitu Hendri menyebut Kementerian UMKM yang bakalan diserahkan ke PAN. Seperti diketahui saat ini Kementerian UMKM diduduki oleh Teten Masduki.

“Tapi kalau prediksi, saya pikir UMKM yang buat PAN,” ucapnya.

Seperti diketahui pada Rabu lalu Presiden Jokowi mengundang partai koalisi pendukungnya yang ada di Parlemen. Pada pertemuan itu hadir Ketum dan Sekjen dari PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, PPP, juga dihadiri PAN.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)