Wapres: Penerapan Prokes di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Baik Sekali

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 15:16 WIB
loading...
Wapres: Penerapan Prokes di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Baik Sekali
Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengatakan penerapan protokol kesehatan (Prokes) di dua tempat ibadah yakni Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang terletak di Sawah Besar, Jakarta Pusat, sangat baik sekali. Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengatakan penerapan protokol kesehatan (Prokes) di dua tempat ibadah yakni Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang terletak di Sawah Besar, Jakarta Pusat, sangat baik sekali.

"Sangat baik sekali, semua dilaksanakan dengan baik, dengan demikian kita berharap cara-cara penerapan prokes ini bisa diterapkan (di tempat ibadah lainnya)," ujarnya di lokasi, Jumat (27/8/2021).

Kunjungan orang nomor dua di Indonesia itu diawali dengan peninjauan seputar Masjid Istiqlal. Setelahnya, Wapres pun berkesempatan untuk menunaikan ibadah Salat Jumat di masjid ini. Protokol kesehatan yang ketat tetap dijalankan dalam salat berjamaah ini d iantaranya dengan mengatur jarak antarsaf sejauh 1.5 meter dengan cara silang dan membawa sajadah sendiri.

Sebelumnya, jamaah yang hadir juga telah diukur suhu tubuhnya, menunjukkan bukti vaksinasi, mencuci tangan, berwudhu, serta pembatasan kapasitas. Usai menunaikan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Wapres kemudian meninjau pembangunan Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Ia terkesan dengan bangunan itu.

Setelahnya, Wapres langsung menuju Gereja Katedral untuk mengecek penerapan prokes. Pihak gereja telah menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi jemaat sebelum memasuki lingkungan dalam gereja, untuk mengetahui apakah jemaat telah melakukan vaksinasi atau belum. "Selain itu, pemberlakuan kuota jamaah sebanyak 20%, pemasangan tali sekat antar tempat duduk di dalam gereja, pengukuran suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer juga dilakukan," urai Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwadie.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)