Profil Singkat Dua Putra Habibie-Ainun, Ada yang Dianugerahi Bintang Satyalancana Wira Karya

Selasa, 24 Agustus 2021 - 14:17 WIB
loading...
Profil Singkat Dua Putra Habibie-Ainun, Ada yang Dianugerahi Bintang Satyalancana Wira Karya
Prangko prisma perjalanan cinta Habibie-Ainun Habibie. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kisah percintaan Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie dengan sang istri, Hasri Ainun Habibie telah difilmkan. Bahkan, beberapa film yang ditayangkan di bioskop itu cukup banyak menyedot penonton.

Habibie meninggal di Jakarta, 11 September 2019 pada umur 83 tahun. Sebelumnya, sang istri, Ainun meninggal di Munchen, Jerman, 22 Mei 2010 pada usia 72 tahun.

Habibie menikah dengan Ainun pada 12 Mei 1962. Pasangan ini dikaruniai dua orang putra. Siapa saja mereka?

1. Ilham Akbar Habibie
Profil Singkat Dua Putra Habibie-Ainun, Ada yang Dianugerahi Bintang Satyalancana Wira Karya

Ilham Akbar Habibie (tengah) serta sejumlah pengurus PWI berbincang saat penyerahan anugerah Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia kepada almarhum BJ Habibie, di Jakarta, Senin (16/9/2019). Foto/Eko Purwanto

Putra Sulung Pasangan Habibie-Ainun ini lahir di Aachen, Jerman, 16 Mei 1963. Selama hampir 31 tahun, pakar penerbangan dari Indonesia ini dibesarkan dan menempuh pendidikan di Jerman.

Bersama adiknya, dia juga punya kesibukan mengelola The Habibie Center. Membaca buku merupakan hobi Ilham Habibie. Buku teknik, bisnis, fiksi dan filsafat dilahapnya. Jebolan Phd dengan predikat summa cum laude dari Technical University of Munich, Jerman itu memiliki sederet riwayat pekerjaan. Di antaranya, Boeing pada kurun waktu 1994-1996, Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia, Ketua Dewan TIK Nasional, Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Presiden Direktur PT ILTHABI Bara Utama, CEO di PT ILTHABI Rekatama, serta Komisaris PT. Pollux Barelang Mega Superblok Meisterstadt Batam.

Penerima penghargaan Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa Pemuda ini menikah dengan Insana Abdul Adjid pada tahun 1987 di Jakarta. Mereka dikaruniai tiga orang anak, yaitu Nadia Habibie, Muhammad Pasha Nur Fauzan Habibie, dan Tifani Mutiarahati Rahima Tahira Habibie.

2. Thareq Kemal Habibie
Profil Singkat Dua Putra Habibie-Ainun, Ada yang Dianugerahi Bintang Satyalancana Wira Karya

Anwar Ibrahim (kiri) disambut Thareq Kemal Habibie saat takziah malam ke-28 di kediaman almarhum BJ Habibie di Jakarta, Rabu (9/10/2019) malam. Foto/Eko Purwanto

Putra bungsu pasangan Habibie-Ainun ini lahir tahun 1967. Thareq ikut mengelola The Habibie Center dengan sang kakak.

Thareq adalah seorang pengusaha yang menjalankan bisnis biro engineering. Kliennya tersebar di berbagai negara di Eropa. Beberapa perusahaan lain juga dikelolanya, di antaranya PT Thareq Habibie Carbon. Perusahaan itu bersama PT Pos Indonesia membuat perangko edisi terbatas bergambar Habibie-Ainun pada 2017.

Thareq menikah dengan Widya Leksmanawati, seorang dokter gigi yang bertugas pada TNI Angkatan Laut (AL) di Masjid Baiturrahim, di Istana Kepresidenan pada tahun 1997. Mereka dikaruniai tiga orang anak yaitu Farhan Sultan Habibie, Felicia Rasyida Habibie, dan Farrah Azizah Habibie.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)