Kemnaker dan FSPPG Adakan Vaksinasi Covid-19 untuk Keluarga Pekerja

Minggu, 22 Agustus 2021 - 12:33 WIB
loading...
Kemnaker dan FSPPG Adakan Vaksinasi Covid-19 untuk Keluarga Pekerja
Direktur Jenderal PHI-Jamsos Kemnaker Indah Anggoro Putri, meninjau pelaksanaan vaksinasi keluarga pekerja Panasonic Gobel di BLK Komunitas FSPPG-K Sarbumusi, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (21/8/2021).
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial Dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI-Jamsos) Kemnaker Indah Anggoro Putri, menyatakan rasa bangganya kepada Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG) K-Sarbumusi yang memiliki inovasi dan kreatif dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi para keluarga pekerja serta penduduk sekitarnya.

Hal itu diutarakannya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi 500 orang keluarga pekerja Panasonic Gobel yang dilakukan oleh Federasi FSPPG K-Sarbumusi di Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas FSPPG-K Sarbumusi, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (21/8/2021).

"Hari ini saya menyaksikan secara langsung proses vaksinasi yang diinisiasi oleh FSPPG K-Sarbumusi dengan memprioritaskan keluarga pekerja Panasonic Gobel," kata Dirjen Putri.

Dirjen Putri mengatakan lebih lanjut, sesuai dengan arahan Menaker Ida Fauziyah untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 nasional, pihaknya akan terus mendorong Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) perusahaan untuk dapat mengupayakan vaksinasi bagi para pekerja dan keluarganya.

"Selain lewat perusahaan, vaksinasi bagi pekerja atau serikat pekerja dapat dilakukan melalui perusahaan yang bekerjasama dengan Kadin," katanya.

Dirjen Putri menjelaskan, peningkatan Herd Immunity ini tidak hanya pekerjaan dari Pemerintah, tapi juga ada kontribusi pengusaha dan juga dari pekerja melalui Serikat Pekerja dan melalui program vaksinasi ini diharapkan akan dapat membangun herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat terhadap Covid-19.

Selain itu, Dirjen Putri mengajak untuk ikhtiar melawan Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik di lingkungan masyarakat maupun di tempat kerja.

Sementara itu, Sekjen DPP K-Sarbumusi Eko Darwanto mengatakan, program vaksinasi ini yang menentukan bukan hanya dari pekerjanya, tapi pekerja yang ada di rumah harus juga diperhatikan kesehatannya.

"Vaksinasi ini menitikberatkan kepada keluarga pekerja, sehingga Herd Immunity nya bisa kita bangun melalui dua sisi yaitu pabrik dan rumah tangga," kata Eko.

Eko Darwanto menginginkan pemerintah bisa memberikan penegasan kepada serikat pekerja untuk melakukan vaksinasi tentu melalui Kemnaker sebagai central pointnya.

"Saya rasa target dari Pemerintah untuk menjalankan industri yang bebas dari Covid-19 Insyallah bisa tercapai," ucapnya. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3295 seconds (0.1#10.140)