PKS Apresiasi Keberhasilan Pemerintah Evakuasi WNI dari Afghanistan

Minggu, 22 Agustus 2021 - 07:18 WIB
loading...
PKS Apresiasi Keberhasilan Pemerintah Evakuasi WNI dari Afghanistan
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid mengapresiasi kesigapan dan keberhasilan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang sukses mengevakuasi seluruh Warga Negara Indonesia dari Afghanistan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid (HNW) mengapresiasi kesigapan dan keberhasilan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang sukses mengevakuasi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan.

Sebagaimana diketahui banyak warga negara Afghanistan berusaha keluar dari negaranya pasca Taliban berhasil kembali menguasai negara tersebut setelah militer Amerika Serikat dan sekutunya mulai meninggalkan Afghanistan beberapa hari terakhir.

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut merasa prihatin menyaksikan sejumlah tragedi yang terjadi saat pesawat Amerika Serikat akan mengevakuasi warga dari Afghanistan.

"WNI dan mereka yang berhasil dievakuasi dari Afghanistan, yang dijadwalkan tiba di bandara Soekarno Hatta kemarin, agar setibanya mereka di Indonesia juga tetap mendapatkan hak-hal mereka sebagai Warga Negara," ujar Hidayat Nur Wahid, Minggu (22/8/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Hidayat Nur Wahid juga berharap agar pemerintah Indonesia memastikan pejabat KBRI yang masih bertugas di Kabul agar terus dipastikan terjaminnya keselamatan dan kelancaran kerjanya pasca Taliban menguasai Afghanistan. Proses evakuasi WNI dari Afghanistan tersebut dikatakan HNW sudah amat tepat dan sesuai dengan Pasal 21 UU Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri.

"Evakuasi ini sebagai perwujudan dari amanat konstitusi yaitu melindungi seluruh bangsa Indonesia apalagi bagi WNI yang berada di daerah konflik," tandasnya. Carlos Roy Fajarta
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)